>

Cara melakukan pengujian SEO A/B di Google Search Console

Cara melakukan pengujian SEO A/B di Google Search Console, LinkGraph CTO, Manick Bhan, menjelaskan cara menggunakan pengujian SEO A/B untuk mengukur dampak pengoptimalan situs tertentu pada peringkat kata kunci.
Ringkasan:
  • Pengujian A / B SEO memungkinkan pemilik situs untuk memahami apakah perubahan yang mereka lakukan pada situs web mereka berdampak positif pada peringkat kata kunci.
  • Semua yang ada di situs web dapat diuji A / B, tetapi varian terbaik untuk diuji adalah yang memiliki hubungan langsung dengan algoritme peringkat Google.
  • Cara terbaik pemilik situs dalam menjalankan pengujian A / B SEO akan bergantung pada ukuran situs web mereka dan kemampuan mereka untuk mengembalikan perubahan dengan mudah.
  • Jika pengujian A / B membuktikan bahwa pengoptimalan tertentu efektif, pemilik situs dapat dengan lebih percaya diri memasukkan perubahan yang identik atau serupa ke halaman lain di situs mereka.
Untuk ahli strategi SEO, terkadang sulit untuk mengetahui perubahan mana dari banyak perubahan pada situs web yang benar-benar memengaruhi kinerja SEO secara keseluruhan. Memindahkan situs web dari halaman 10 ke halaman 2 biasanya dapat dilakukan dengan mengikuti praktik terbaik SEO, tetapi perjalanan ke halaman 1? Itu membutuhkan perhatian yang jauh lebih terperinci pada perubahan spesifik yang Saya buat pada laman landas. Ikuti pengujian SEO A / B, salah satu cara terbaik untuk mempersempit dan memahami keefektifan (atau ketidakefektifan) pengoptimalan tertentu.

Banyak pemasar digital merasa nyaman menggunakan fitur pengujian A / B dalam kampanye PPC mereka atau untuk menganalisis perilaku pengguna di Google Analytics, tetapi lebih sedikit yang menggabungkan strategi hebat ini untuk lebih memahami pengoptimalan di halaman mana yang memiliki dampak terbesar pada peringkat kata kunci.

Pengujian SEO A / B mungkin tampak mengintimidasi, tetapi dengan alat yang tepat, sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Pengujian A / B tidak hanya membantu SEO mengidentifikasi pengoptimalan yang paling berdampak, tetapi juga memberi mereka cara untuk mengukur upaya mereka. Meskipun pengujian SEO A / B lebih sering digunakan oleh ahli strategi SEO tingkat lanjut, pemilik situs yang merasa nyaman bekerja di bagian belakang situs web mereka memiliki peluang besar untuk meningkatkan strategi SEO mereka melalui pengujian A / B yang terstruktur dengan baik.

Cara melakukan pengujian SEO

Apa itu pengujian SEO A / B?


Dalam hal eksperimen terkontrol, pengujian dua varian adalah blok bangunan fundamental tempat semua pengujian lainnya dibuat. Pengujian A / B hanya mengukur bagaimana satu varian memengaruhi suatu hasil. Dalam kasus SEO, hasilnya adalah peringkat kata kunci yang lebih baik, lebih buruk, atau statis.

Tidak perlu banyak waktu untuk memulai. Anda akan membutuhkan Google Search Console untuk satu (kebenaran absolut dari peringkat SEO Anda), serta dua varian yang didefinisikan dengan jelas yang ingin Anda uji. Terakhir, pemilik situs harus memiliki lingkungan pengembangan atau pementasan tempat mereka dapat menyimpan versi situs web mereka sebelum pengujian A / B SEO untuk berjaga-jaga jika perubahan tidak memberikan hasil yang diinginkan.

Kasus penggunaan terbaik untuk pengujian A / B SEO


Apa pun dapat diuji A / B di situs web, tetapi untuk tujuan SEO, elemen situs tertentu lebih cenderung menghasilkan peningkatan peringkat kata kunci karena bobot yang dibawanya dalam algoritme Google. Oleh karena itu, elemen di bawah ini adalah kasus penggunaan terbaik untuk pengujian A / B SEO.

Tag judul


Memilih tag judul sangat penting dan berdampak besar pada hasil pencarian. Perubahan tag judul sangat berdampak dari perspektif peringkat karena secara langsung memengaruhi rasio klik-tayang (CTR). Google memiliki RKT yang diharapkan untuk pencarian yang dinormalisasi, dan jika halaman arahan Anda terus-menerus berada di bawah tanda, itu akan berdampak negatif pada peluang peringkat Anda secara keseluruhan.

Deskripsi meta


Untuk situs web yang sudah memiliki banyak kata kunci di halaman satu dan karena itu mendapatkan banyak tayangan, deskripsi meta pengujian A / B bisa sangat bermanfaat. Seperti tag judul, mereka secara langsung memengaruhi RKT, dan meningkatkannya dapat menghasilkan lebih banyak klik secara signifikan dan dengan demikian peringkat yang lebih baik. 

Markup schema


Jika Anda bisa, ada baiknya untuk menambahkan markup skema ke semua halaman web Anda (Anda melewatkan semua bidikan yang tidak Anda ambil!), Tetapi jika halaman tertentu di situs Anda masih belum memiliki markup schema.org, menambahkannya dapat menjadi kasus penggunaan yang bagus untuk pengujian A / B.

Tautan internal


Tautan internal berkomunikasi dengan arsitektur situs Google, dan mereka juga mendistribusikan PageRank ke seluruh situs web. Mendapatkan tautan internal yang benar dapat menghasilkan peningkatan peringkat kata kunci yang dramatis, terutama untuk situs web yang lebih besar dengan ribuan halaman arahan. Fokus pada tautan header dan footer karena seberapa banyak mereka menggeser PageRank. Untuk situs web dengan halaman produk, Anda dapat menggunakan pengujian A / B untuk menemukan teks tautan terbaik untuk tautan internal Anda.

Konten Baru


Menambahkan konten yang bagus ke halaman arahan Anda selalu bermanfaat karena konten yang lebih panjang menyiratkan kedalaman topik. Menggunakan alat pengoptimal laman landas dapat membantu Anda meningkatkan kekayaan semantik konten Anda, dan pengujian A / B berikutnya memberdayakan Anda untuk mengukur apakah Google menanggapi sinyal kualitas tersebut secara positif.

Grup Halaman Besar


Untuk situs e-niaga atau mereka yang mungkin menambahkan banyak halaman sekaligus, Anda dapat menggunakan pengujian A / B untuk mengukur apakah halaman tersebut dirayapi dan diindeks dengan cara yang secara positif atau negatif merusak peringkat Anda yang ada.

Arsitektur information


Ada elemen tertentu dari arsitektur informasi yang lebih spesifik untuk SEO. Google menyukai fitur pengalaman halaman seperti jumplink dan carousel, jadi memahami dampak penambahan fitur ini ke halaman web Anda adalah alasan lain untuk melakukan Pengujian A / B SEO.

Migrasi situs


Setiap kali Anda membuat perubahan teknis inti pada situs web Anda, pengujian A / B adalah cara terbaik untuk mengukur bagaimana perubahan tersebut memengaruhi peringkat kata kunci. Ini juga membantu mencegah situs Anda mengalami penurunan peringkat yang signifikan dalam jangka panjang. 

Jenis pengujian SEO A / B


Ada beberapa jenis pengujian A / B yang dapat Anda jalankan di situs Anda. Ini akan sangat tergantung pada jumlah halaman arahan yang Anda miliki serta kategori varian yang Anda uji.

A lalu B


Bentuk paling dasar dari pengujian A / B, jenis pengujian ini hanya akan membandingkan performa satu halaman dengan satu varian yang berbeda. Jenis pengujian A / B ini lebih baik untuk situs yang lebih kecil dan lebih mudah diterapkan, terutama jika Anda yakin bahwa perubahan mengarah ke arah yang benar.  

Multi-Halaman


Jenis pengujian A / B ini memungkinkan hasil yang jauh lebih signifikan secara statistik dan dapat dijalankan di situs besar dengan ratusan hingga ribuan halaman arahan. Daripada mengukur varian tunggal pada satu halaman, pilih dua grup halaman dari halaman yang serupa (saya sarankan setidaknya 50 halaman per kelompok) dan ubah varian pada semua halaman tersebut.  

Multivariate


Bentuk eksperimen umum ini memiliki mekanisme inti yang sama dengan pengujian A / B, tetapi meningkatkan jumlah varian yang diuji. Pengujian multivariasi bisa sangat bagus untuk mengukur perilaku pengguna, tetapi kurang efektif dalam mengukur kinerja pencarian saat Anda mencoba untuk menemukan apakah pengoptimalan tertentu berdampak langsung pada peringkat kata kunci. 

Cara melakukan pengujian SEO A / B


Cara termudah untuk melakukan pengujian A / B adalah dengan menggunakan cuplikan dan rollback situs. Pada dasarnya, Anda mengambil cuplikan situs, membuat perubahan pada situs Anda, dan duduk santai selama seminggu dan melihat apa yang terjadi. Jika perubahan pada situs telah meningkatkan SEO Anda, Anda akan melihatnya di tolok ukur Anda. Jika Anda membuat kesalahan, maka Anda cukup mengembalikan ke versi sebelumnya dari situs Anda dan melanjutkan dengan pengoptimalan yang berbeda. 

Berikut adalah proses langkah-demi-langkah sederhana dari tes SEO A / B:
  1. Ambil cuplikan situs atau lakukan pencadangan situs sebelum menerapkan perubahan sehingga Anda dapat kembali ke versi sebelumnya dari situs web Anda jika perubahan tidak efektif
  2. Tentukan varian yang sedang diuji (misalnya, tag judul, schema.org, dan lainnya) dan lakukan perubahan pada halaman atau kelompok dari halaman serupa
  3. Tunggu 7-14 hari untuk mengetahui dampak perubahan
  4. Bandingkan peringkat kata kunci untuk halaman varian dengan yang asli. Ini dapat dilakukan di Google Search Console atau Dashboard Google Search Console 

Jika pengoptimalan berdampak, Anda dapat melanjutkan dengan membuat perubahan serupa ke halaman lain di situs Anda. Perubahan yang lebih bertarget seperti menambahkan tag judul kaya kata kunci dan deskripsi meta tidak akan langsung diterjemahkan ke halaman lain. Namun, pengoptimalan yang lebih teknis seperti schema.org dan arsitektur informasi dapat diterapkan di seluruh situs Anda dengan lebih percaya diri jika pengujian A / B membuktikannya berdampak.

Beberapa saran praktis untuk pengujian SEO di seluruh lingkungan hosting


Cara Anda melanjutkan dengan langkah pertama akan bergantung pada dev dan lingkungan pementasan Anda. Jika Anda menghosting di DigitalOcean, Anda dapat mengambil snapshot situs. Jika Anda menggunakan WPEngine, Anda dapat memilih cadangan situs untuk memulihkan. Untuk yang terbaik di kelasnya, coba Kontrol Versi dari Git, yang memungkinkan Anda untuk memutar kembali ke versi apa pun dari situs web Anda. 

Kontrol Versi seperti Lacak Perubahan pada Dokumen Word, tetapi riwayat tidak pernah terhapus. Dengan Kontrol Versi, meskipun Anda menghapus sesuatu atau mengubahnya, ada kronologi untuk semua perubahan yang telah dibuat - saat sebaris kode dibuat, saat diedit - dan Anda dapat memutar kembali kapan saja.

Penting juga untuk memastikan semua halaman dalam pengembangan dan halaman lingkungan pengujian di situs Anda memiliki robot tanpa tag indeks. Beberapa pakar SEO mungkin memberi tahu Anda bahwa menambahkan halaman ke daftar blokir Anda di robots.txt atau dengan tag kanonis rel pada halaman sudah cukup, tetapi di LinkGraph saya telah melihat banyak contoh di mana halaman atau subdomain ditambahkan ke robot dan terus ditambahkan. dalam hasil pencarian selama berbulan-bulan. Hanya menambahkan tag kanonik tidak cukup untuk memblokir domain dev dari perayapan dan pengindeksan.

Strategi terbaik adalah menggunakan robot tanpa indeks. Strategi yang lebih baik lagi adalah dengan menggunakan robot no index dan rel canonicals untuk perlindungan tambahan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah varian itu efektif?


Berapa lama Anda menunggu untuk mengukur pengujian A / B akan bergantung pada seberapa sering Google merayapi situs web Anda. Jika Anda menguji bagian dari domain Anda yang tidak sering dirayapi, Anda mungkin harus menunggu lebih lama agar Google benar-benar melihat perubahan Anda. Jika Anda mengubah halaman utama yang sering di-crawl Google, Anda mungkin dapat melihat apakah pengoptimalan tersebut berdampak dalam 7-14 hari.

Saat Anda mengevaluasi keefektifan pengoptimalan Anda, waspadalah terhadap variabel perancu. Beberapa tautan balik dalam waktu singkat, menambahkan Javascript, dan tentu saja, perubahan algoritme, dapat berdampak tajam pada peringkat kata kunci. Semua jenis eksperimen lebih akurat jika Anda dapat menghilangkan variabel, jadi lakukan yang terbaik untuk tidak menjadwalkan pengujian A / B selama kampanye pembuatan tautan, pembaruan algoritme inti, atau periode volatilitas penelusuran yang tinggi. 

Jika dilakukan dengan benar, pengujian A / B dapat menjadi cara yang ampuh untuk menyempurnakan strategi SEO Anda menuju hasil yang maksimal. Pengujian A / B tidak hanya dapat membantu pemilik situs membuat lebih banyak keputusan berdasarkan data, tetapi juga dapat membantu ahli strategi SEO membuktikan nilai pekerjaan mereka kepada klien atau pimpinan eksekutif yang mungkin waspada dalam berinvestasi di SEO.

Manick Bhan adalah pendiri dan CTO  LinkGraph, agensi pemasaran digital dan SEO pemenang penghargaan yang menyediakan layanan SEO, media berbayar, dan pemasaran konten. Dia juga pendiri dan CEO  SearchAtlas, rangkaian perangkat lunak alat SEO gratis. Anda dapat menemukan Manick di Twitter  @madmanick.

0 Response to "Cara melakukan pengujian SEO A/B di Google Search Console"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel