>

Ulasan Palsu: Cara Mengatasi Masalah Online yang Berkembang

Ulasan Palsu

Ulasan Palsu: Cara Mengatasi Masalah Online yang Berkembang - Artikel ini akan membahas apa yang dipertaruhkan dengan ulasan palsu, jenis ulasan tidak autentik, cara mengenalinya, dan cara menghapusnya.
Ringkasan:
  • Ulasan sangat penting bagi pedagang dan konsumen. Hal itu terutama berlaku saat ini, karena pembeli saat liburan melihat ulasan untuk membantu membuat keputusan tentang TV, earbud nirkabel, sistem keamanan rumah, atau penggorengan udara mana yang akan dibeli.
  • Banyak konsumen mungkin akan menemukan ulasan yang tidak asli atau tidak sah tanpa menyadarinya. Ulasan palsu ada di semua platform utama; ini benar-benar hanya masalah derajat. Dan itu masalah yang berkembang.
  • Memperdagangkan ulasan palsu adalah ide buruk karena berbagai alasan, termasuk penangguhan platform dan daftar hitam. Tapi kepercayaan konsumen bisa dibilang alasan paling penting untuk tidak mencoba dan mempermainkan sistem.
  • Dengan asumsi bisnis tidak menghasilkan ulasan palsu untuk dirinya sendiri, mengenali dan menghapusnya bisa menjadi sebuah tantangan. Alat perangkat lunak manajemen reputasi yang canggih dapat membantu mengenali ulasan palsu atau memantau ulasan yang masuk secara real-time untuk memudahkan deteksi.
  • Reputasi online adalah permainan yang panjang. Ulasan bukan hanya tentang peringkat. Mereka dapat membantu bisnis meningkatkan produk, layanan, dan operasi. Bisnis yang mendengarkan pelanggan mereka (dan perhatian) akan memiliki loyalitas yang lebih besar dan referensi yang lebih baik dalam jangka panjang.
Ulasan sangat penting bagi pedagang dan konsumen. Hal itu terutama berlaku saat ini, karena pembeli saat liburan melihat ulasan untuk membantu membuat keputusan tentang TV, earbud nirkabel, sistem keamanan rumah, atau penggorengan udara mana yang akan dibeli. 

Tetapi banyak konsumen mungkin akan menemukan ulasan yang tidak asli atau tidak sah tanpa menyadarinya. Ulasan palsu ada di semua platform utama, ini benar-benar hanya masalah derajat. Dan itu masalah yang berkembang. 

Dalam artikel ini, saya akan membahas apa yang dipertaruhkan dengan ulasan palsu, jenis ulasan tidak autentik, cara mengenalinya, dan cara menghapusnya.  
Skala masalahnya

Google, Facebook, Yelp, TripAdvisor, dan Amazon mengambil pendekatan berbeda untuk moderasi konten dan penipuan ulasan. Yelp mungkin adalah situs utama yang paling agresif dalam mencegah penipuan ulasan. Namun Google, Amazon, dan yang lainnya sering kali mengatakan bahwa mereka juga secara aktif menangani masalah tersebut - dengan berbagai tingkat keberhasilan.

Penipuan ulasan adalah masalah yang sangat besar di Amazon. Studi terpisah yang dilakukan oleh Objection.co , Fakespot , dan The Washington Post telah menentukan bahwa mayoritas ulasan dalam kategori produk tertentu menipu atau tidak autentik. Objection.co telah mengindikasikan, misalnya, bahwa sebagian besar produk berkemampuan Bluetooth dalam kategori elektronik adalah palsu. Dan Fakespot menemukan bahwa ulasan untuk 63% produk dalam kategori kecantikan di Amazon tidak sah.

Amazon membantah temuan ini dan berpendapat bahwa pihaknya sedang menangani masalah tersebut. Ulasan palsu juga menjadi masalah di Google, karena ribuan profil Local Guide dikontrol oleh "koleksi ulasan", menurut temuan Objection.co.

Penipuan ulasan adalah semacam permainan kucing dan tikus, di mana penipu yang teduh namun semakin canggih mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari algoritme platform. Alasan maraknya ulasan palsu sudah jelas. Ulasan memengaruhi peringkat di Google dan Amazon dan lebih dari 90% konsumen mengandalkan mereka untuk membuat keputusan pembelian.

Namun semakin banyak konsumen mulai memperhatikan ulasan palsu secara online. Menurut survei tahun 2019 , 82% responden mengatakan mereka telah membaca setidaknya satu ulasan palsu dalam satu tahun terakhir. (Konsumen sering tidak mengenalinya.) Dan studi yang sama menemukan bahwa konsumen semakin beralih ke beberapa situs ulasan sebelum membuat keputusan pembelian, sebagai semacam lindung nilai terhadap penipuan ulasan.


Jenis Ulasan Palsu


Saya sering berbicara tentang ulasan palsu sebagai fenomena seragam. Namun ada spektrum dan beberapa kategori ulasan tidak autentik atau palsu:
  • Pemilik bisnis yang menghasilkan ulasan untuk dirinya sendiri, secara langsung atau tidak langsung
  • Karyawan yang menulis ulasan positif untuk atasan dan mantan karyawan mereka yang menulis ulasan pembalasan untuk mantan atasan
  • Pelanggan yang berbohong atau membesar-besarkan pengalaman buruk untuk mendapatkan pengembalian uang atau kompensasi lainnya
  • Teman dan keluarga yang menulis ulasan positif atau negatif atas nama bisnis
  • Bisnis yang membayar untuk ulasan atau menawarkan semacam quid pro quo sebagai gantinya
  • Vendor global yang menjual ulasan positif dan negatif untuk bisnis di seluruh dunia

Banyak vendor ulasan palsu beroperasi di lepas pantai Cina, India, Bangladesh, atau Filipina. Namun menurut Keberatan. co, jenis penipuan ulasan yang paling umum dilakukan oleh pemilik bisnis yang menggunakan profil palsu untuk menulis ulasan positif tentang diri mereka sendiri atau ulasan negatif tentang pesaing. 

Memperdagangkan ulasan palsu adalah ide buruk karena berbagai alasan, termasuk penangguhan platform dan daftar hitam. Tapi kepercayaan konsumen bisa dibilang alasan paling penting untuk tidak mencoba dan mempermainkan sistem. Menurut survei konsumen global yang dirilis awal tahun ini oleh Bazaarvoice, ulasan palsu dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan pada merek atau pedagang. Mayoritas konsumen (54%) mengatakan mereka tidak akan membeli produk jika mereka mencurigai review palsu.

Dipanggil oleh platform - khususnya Yelp - juga bisa jadi kasar. Lansiran konsumen perusahaan dapat tetap ada di profil bisnis selama berbulan-bulan, bergantung pada pelanggarannya. Itu bisa menjadi ciuman maut bagi bisnis lokal.


Mengenali dan Menghapus ulasan palsu


Dengan asumsi bisnis tidak menghasilkan ulasan palsu untuk dirinya sendiri, mengenali dan menghapusnya bisa menjadi sebuah tantangan. Alat perangkat lunak manajemen reputasi yang canggih dapat membantu mengenali ulasan palsu atau memantau ulasan yang masuk secara real-time untuk memudahkan deteksi.

Peninjauan palsu secara manual lebih menantang. Namun beberapa hal yang harus dicari antara lain pengulas yang tidak ada dalam database pelanggan, profil atau nama yang tampak palsu, ulasan yang didistribusikan secara geografis, referensi yang menunjukkan bahwa ulasan tersebut ditujukan untuk bisnis yang salah, konten ulasan yang "umum" atau tidak banyak detail, dan bintang tanpa komentar (di Google). Ada sinyal lain juga.

Masing-masing platform memiliki prosedur yang agak berbeda untuk menangani ulasan yang meragukan dan meminta penghapusan:
  • Menyalak
  • Tripadvisor
  • Facebook
  • Amazon
  • Google
Namun, mengikuti prosedur ini tidak selalu berhasil. Di Google, khususnya, ulasan yang dipermasalahkan harus melanggar salah satu kebijakan kontennya , yang mencakup "spam dan konten palsu". Selain itu, Google akan menghapus ulasan jika ditulis oleh non-pelanggan, jika diarahkan ke bisnis yang salah, atau jika ulasan tersebut tidak didasarkan pada pengalaman pelanggan yang sebenarnya (misalnya, keberatan politik terhadap bisnis tersebut) .

Biasanya yang terbaik adalah menanggapi ulasan secara publik dan menunjukkan kesalahan atau kesalahan (misalnya, lokasi bisnis yang salah) tanpa emosi. Jika pesaing menulis ulasan negatif, tunjukkan dengan sopan bahwa Anda tidak mengingatnya sebagai pelanggan. Kemudian Anda perlu mencari dan menandai ulasan tersebut sebagai "tidak pantas" di dasbor Google Bisnisku. SEO lokal juga merekomendasikan untuk memberi tahu @GoogleMyBiz di Twitter.   

Dalam skenario kasus terbaik, perlu waktu beberapa hari agar ulasan dihapus oleh Google jika mereka setuju bahwa ulasan tersebut tidak pantas. Namun, ada juga kasus yang membutuhkan waktu lebih lama, 20 hari dalam satu contoh .

Reputasi online adalah permainan yang panjang. Ulasan bukan hanya tentang peringkat . Mereka dapat membantu bisnis meningkatkan produk, layanan, dan operasi. Bisnis yang mendengarkan pelanggan mereka (dan perhatian) akan memiliki loyalitas yang lebih besar dan referensi yang lebih baik dalam jangka panjang. Tidak ada gunanya mencoba dan mempermainkan sistem dengan membuat atau membeli ulasan palsu.

Jika bisnis memiliki program pengelolaan ulasan aktif dan ulasan rutin masuk, spam ulasan terpisah apa pun mungkin tidak akan berdampak berarti. Dan ulasan palsu yang terbukti harus dengan mudah diidentifikasi dan pada akhirnya dihapus.

Nah mungkin hanya sekian yang dapat saya jelaskan tentang Ulasan Palsu: Cara Mengatasi Masalah Online yang Berkembang semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda jika ada salah kata atau ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk bertanya di komentar bawah.

0 Response to "Ulasan Palsu: Cara Mengatasi Masalah Online yang Berkembang"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel