>

Apa itu SEO On-Page? Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bagiannya

Apa itu SEO On-Page

Apa itu SEO On-Page? Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bagiannya - Apa itu SEO On-Page? SEO On-Page adalah komponen SEO yang berfokus pada pengoptimalan elemen di situs Anda, seperti kecepatan halaman dan kepadatan kata kunci, dibandingkan faktor di luar situs Anda, seperti link balik.

Setiap strategi SEO difokuskan pada peringkat setinggi mungkin di mesin pencari. Untuk melakukan ini, kita semua mencoba merancang dan mengembangkan situs web yang akan disukai oleh algoritma rahasia Google. Pada dasarnya itulah SEO.

Faktor dalam algoritme Google dapat dibagi menjadi dua kategori yang akan menentukan peringkat situs Anda: faktor on-page dan faktor off-page. Pada halaman ini, kita akan berbicara lebih banyak tentang SEO on-page, mulai dari apa itu SEO on-page hingga Manfaatnya nya.

Apa itu SEO On-Page?


SEO on-page mengacu pada tindakan yang diambil oleh pemasar dan webmaster untuk mengoptimalkan halaman web individu, termasuk menyalin dan HTML. Dengan membuat penyesuaian pada elemen pada halaman, perusahaan dapat meningkatkan peluang mereka untuk peringkat kata kunci, menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik dan membuat situs mereka lebih bersahabat bagi pengguna dan algoritma mesin pencari.

Elemen pada halaman umum untuk dioptimalkan meliputi:
  • Salinan, gambar, dan video di halaman.
  • Meta Deskripsi dan tag judul.
  • Teks alt Gambar
  • Judul HTML (tag H1-H6).
  • String URL.
  • Struktur penghubung internal.
  • Markup Schema (pengoptimalan cuplikan unggulan).


Mengapa Anda Membutuhkan SEO On-Page


SEO on-page meningkatkan visibilitas online Anda, mempermudah pencari untuk menemukan konten Anda dan algoritme untuk merayapi dan mengindeks halaman Anda.

Bergantung pada model bisnis Anda dan kemampuan pemasarannya saat ini, lalu lintas mesin telusur dapat mencakup 50-90% dari semua lalu lintas ke situs Anda. Dengan kata lain, SEO on-page membantu Anda tampil di depan 50-90% prospek Anda.

SEO on-page juga bisa menjadi pembeda kompetitif utama di industri Anda. Karena perusahaan tradisional mengandalkan taktik pemasaran lama - kartu nama, perjanjian jabat tangan, iklan cetak, dll. - Anda dapat menggunakan SEO on-page untuk menjangkau audiens modern dengan cara yang sangat efisien dan hemat biaya.

Karena SEO adalah investasi jangka panjang yang berkelanjutan, menjadikannya sebagai fungsi inti dari strategi pemasaran digital Anda adalah praktik terbaik. Algoritma berubah, permintaan pelanggan berkembang - SEO memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengimbangi transformasi ini sehingga perusahaan Anda selalu hadir dan selalu gesit.

Daftar Bagian SEO On-Page:


Tag Judul


Letakkan kata kunci yang Anda targetkan di tag judul pada setiap halaman di situs Anda. Ada banyak praktik terbaik  yang digunakan untuk menulis tag judul yang efektif.

  • Batasi tag judul Anda hingga 55-60 karakter (termasuk spasi)
  • Dorong kata kunci lebih dekat ke awal judul (HANYA jika terdengar alami)
  • Jangan isi kata kunci Anda
  • Cantumkan merek di akhir tag judul, dipisahkan dengan bilah pipa (|)
        Contoh: “ Teknik SEO | Muntakul



Judul (H1)


Judul biasanya merupakan kata-kata terbesar di halaman, dan karena alasan itu, mesin pencari memberi bobot lebih sedikit daripada salinan halaman Anda yang lain. Ide yang bagus untuk memasukkan kata kunci target Anda ke dalam tajuk setiap halaman web, tetapi pastikan Anda secara akurat mencerminkan konten halaman Anda yang bagus.

Pastikan H1 Anda dibatasi satu per halaman, semua header lainnya adalah H2 atau H3

Struktur URL


Masukkan kata kunci ke dalam URL Anda jika memungkinkan. Namun, jangan mengubah semua URL Anda saat ini hanya agar memiliki kata kunci di dalamnya. Anda tidak boleh mengubah URL lama kecuali jika Anda berencana untuk mengalihkan yang lama ke yang baru. Konsultasikan dengan profesional sebelum melakukan ini.

  • Beri label direktori dan folder Anda dengan cara yang masuk akal bagi pengguna
  • Jangan ulangi kata kunci di URL Anda lebih dari sekali. Kata kunci memang
  • membantu, tetapi berlebihan akan memengaruhi pengalaman pengguna
            Contoh: /kaus kaki-terbaik-perbandingan-kaus kaki-terbaik-kaus kaki-terbaik?
  • Buat URL sesingkat mungkin


Teks alternatif untuk gambar


Setiap sistem manajemen konten harus memungkinkan Anda untuk menambahkan sesuatu yang disebut "teks alt" ke semua gambar di situs web Anda. Teks ini tidak terlihat oleh pengunjung rata-rata - teks alt sebenarnya digunakan oleh perangkat lunak pembaca layar untuk membantu pengguna internet tuna netra memahami konten gambar Anda. Mesin pencari merayapi gambar dengan cara yang sama, jadi memasukkan beberapa kata kunci yang relevan sambil mendeskripsikan gambar secara akurat akan membantu mesin pencari memahami konten halaman Anda.

Menulis atribut alt untuk setiap gambar membuat situs web Anda tetap sesuai dengan WCAG (Panduan Aksesibilitas Konten Web). Ingatlah hal-hal berikut saat menulis teks alt:
  • Gambarkan gambar secara menyeluruh dalam 8-10 kata
  • Sertakan kata kunci yang Anda targetkan di tempat yang kedengarannya paling alami
  • Sertakan, Jika relevant, geo-locator (mis., Chicago)

Kecepatan Memuat Halaman


Google ingin membantu penggunanya menemukan apa yang mereka cari secepat mungkin untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik. Oleh karena itu, mengoptimalkan halaman Anda agar dimuat lebih cepat akan membantu peringkat situs Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Google memiliki alat yang disebut Wawasan PageSpeed ​​yang akan menganalisis situs Anda di seluler dan desktop. dan kemudian menyarankan tip untuk mengoptimalkan kecepatan halaman. Ada juga beberapa perbaikan cepat untuk menghilangkan apa pun yang menghambat situs Anda dan memperlambat waktu buka laman Anda. Faktor kecepatan situs utama untuk dipertimbangkan:
  • Meminimalkan permintaan HTTP
  • Memastikan waktu respons server <200ms
  • Menyetel cache browser setidaknya seminggu atau lebih
  • Mengaktifkan kompresi Gzip
  • Memiliki ukuran gambar di bawah 100kb (.jpg, .png, .gif)
  • Menempatkan semua CSS dalam style sheet eksternal
  • Meminimalkan semua JS, CSS dan HTML
  • Memprioritaskan pemuatan konten paruh atas


Mobile Friendly


Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah memprioritaskan kecepatan pemuatan halaman seluler sebagai metrik peringkat utama. 

Bagaimana Anda tahu jika situs web Anda ramah seluler? Anda dapat memasukkan URL situs ke dalam pengujian ini, dan Google akan memberi tahu Anda seberapa ramah situs tersebut berdasarkan algoritme saat ini.  

Selain pemuatan laman seluler, desain situs web perlu mempertimbangkan pengalaman pengguna seluler. Salah satu cara untuk memeriksa dan mengoptimalkan tata letak situs web untuk seluler adalah dengan membuat Laporan Kegunaan Seluler yang mengidentifikasi masalah apa pun yang mungkin dimiliki situs web Anda. 

Konten Halaman


Konten di halaman Anda harus  bermanfaat bagi orang-orang. Jika mereka mencari sesuatu yang terlalu spesifik untuk menemukan halaman Anda, mereka harus dapat menemukan apa yang mereka cari. Ini harus mudah dibaca dan memberikan nilai bagi pengguna akhir. Google memiliki berbagai cara untuk mengukur apakah konten Anda bermanfaat.
  • Targetkan setidaknya 500 kata salinan. Meskipun tidak ada rumus pasti tentang berapa banyak kata yang harus dimiliki sebuah halaman, Google tampaknya lebih memilih jika halaman memiliki banyak konten bagus di sekitar kata kunci yang Anda targetkan.
  • Salinan harus unik untuk setiap halaman, tidak diduplikasi dari halaman lain di situs Anda, dan harus ditujukan langsung pada permintaan pencarian pengunjung Anda
  • Dorong kata kunci lebih dekat ke awal judul, tetapi HANYA jika terdengar alami.

Baca Juga: Apa Itu Backlink dan Mengapa Penting Untuk SEO?

Internal link


Menautkan secara internal ke halaman lain di situs Anda berguna bagi pengunjung dan juga berguna untuk mesin pencari.

Saat menambahkan tautan internal, pastikan untuk memiliki teks tautan yang relevan. Anchor text adalah teks yang dapat diklik dalam hyperlink (biasanya ditunjukkan dengan warna font biru dan garis bawah). Untuk mengoptimalkan teks tautan Anda, pastikan kata atau frase yang dipilih relevan dengan halaman yang Anda tautkan. 

SEO on-page memastikan bahwa situs Anda dapat dibaca oleh calon pelanggan dan robot mesin pencari. Dengan SEO on-page yang baik, mesin pencari dapat dengan mudah mengindeks halaman web Anda, memahami tentang apa situs Anda, dan dengan mudah menavigasi struktur dan konten situs web Anda, sehingga peringkat situs Anda sesuai. Sebagai praktik terbaik, pastikan konten halaman Anda menyertakan 1-3 link internal yang relevan.

Markup Schema


Menambahkan data terstruktur membantu Google lebih memahami konten halaman. Google juga menggunakan jenis data terstruktur tertentu untuk menampilkan "hasil kaya" dalam SERP seperti resep dengan peringkat awal atau petunjuk langkah demi langkah dengan carousel gambar. Hasil kaya ini sering muncul di atau dekat bagian atas SERP dan umumnya memiliki rasio klik-tayang yang lebih tinggi daripada daftar organik normal.

Google lebih memilih data terstruktur untuk menggunakan kosakata schema.org, dan merekomendasikan penggunaan format JSON-LD. Mereka juga menyediakan alat Uji Hasil Kaya yang berguna untuk memeriksa kode Anda. Meskipun ada berbagai cara untuk menambahkan data terstruktur ke situs Anda (plugin, Google Tag Manager, dll.), Sebaiknya melibatkan profesional jika Anda tidak nyaman menulis kode.

Tag Sosial


Membagikan konten Anda di media sosial memberi tahu Google bahwa orang-orang menganggap konten Anda relevan, berguna, dan memiliki reputasi. Tidak setiap halaman di situs Anda layak dibagikan, tetapi Anda dapat mengoptimalkan halaman dengan tips berikut:
  • Pastikan Anda telah memasang tag Open Graph dan Twitter Cards
  • Permudah dengan link "tweet kutipan ini", atau tombol share sosial untuk setiap posting


Situs Web Inti


Pengalaman pengguna adalah kunci kesuksesan jangka panjang situs web. Pada musim semi 2020, Google meluncurkan Core Web Vitals, sekumpulan sinyal umum yang mereka anggap "penting" untuk semua pengalaman web pengguna.

Tujuan dari sinyal ini adalah untuk mengukur pengalaman pengguna dengan situs web, dari stabilitas visual halaman dan waktu muat, hingga pengalaman interaktif. 
  • Largest Contentful Paint (LCP) - mengukur kecepatan pemuatan halaman yang dirasakan dan menandai titik di mana sebagian besar konten halaman telah diunduh.
  • Penundaan Input Pertama - mengukur pengalaman pengguna dari keterlibatan awal pengguna dengan halaman. 
  • Pergeseran Tata Letak Kumulatif - mengkuantifikasi jumlah pergeseran tata letak pada konten halaman yang terlihat dan mengukur stabilitas visual halaman. Ini biasanya disebabkan oleh gambar tanpa dimensi, konten yang dimasukkan secara dinamis, font web yang menyebabkan FOIT / FOUT, dan sematan lain yang ditambahkan tanpa dimensi.
Untuk memeriksa skor LCP Anda, akses Google PageSpeed ​​Insights dan pastikan halaman Anda mencapai LCP dalam waktu 2,5 detik. Untuk melakukannya, hapus skrip pihak ketiga yang tidak perlu yang mungkin sedang berjalan, tingkatkan versi host web Anda, aktifkan "pemuatan lambat" sehingga elemen halaman hanya memuat saat pengguna menggulir ke bawah halaman, dan hapus elemen halaman besar yang mungkin memperlambatnya.

Salah satu cara termudah untuk mengoptimalkan pergeseran tata letak kumulatif adalah dengan menambahkan dimensi tinggi dan lebar ke setiap elemen situs baru. Selain itu, hindari menambahkan konten baru di atas konten yang ada di halaman (kecuali menanggapi interaksi pengguna).

Halaman Experience


Google sedang mengerjakan sinyal peringkat baru (kemungkinan akan keluar pada 2021) yang memprioritaskan situs web dengan pengalaman pengguna yang positif.

'Sinyal pengalaman halaman' akan terdiri dari Core Web Vitals, ditambah kesesuaian untuk seluler, penjelajahan yang aman, keamanan HTTPS, dan pedoman pengantara yang mengganggu. 

Baca Juga: 

Menurut Google, “mengoptimalkan faktor-faktor ini membuat web lebih menyenangkan bagi pengguna di semua browser dan permukaan web, dan membantu situs berkembang menuju ekspektasi pengguna pada seluler. Saya yakin ini akan berkontribusi pada kesuksesan bisnis di web karena pengguna semakin terlibat dan dapat bertransaksi dengan lebih sedikit gesekan".

Kesimpulan


Semoga Anda telah memperoleh pemahaman yang baik tentang dasar-dasar SEO On -Page, Anda sekarang juga harus memahami bahwa kehadiran online sangat penting untuk bisnis sehari-hari dan strategi SEO dapat membantu membuat Anda menonjol di atas pesaing Anda.

Nah mungkin hanya sekian yang dapat saya jelaskan tentang Apa itu SEO On-Page? Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bagiannya semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda jika ada salah kata atau ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk bertanya di komentar bawah.

0 Response to "Apa itu SEO On-Page? Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bagiannya"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel