>

SEO Manajemen Reputasi: Panduan Pemula

SEO Manajemen Reputasi: Panduan Pemula

SEO Manajemen Reputasi: Panduan Pemula. Semua bentuk pemasaran berperan dalam manajemen merek yang baik.

Menggunakan nada suara yang sama di seluruh iklan dan email Anda, dan memilih aset foto yang sama untuk situs web Anda seperti papan reklame Anda, berkontribusi pada gambar yang dilukis saat pelanggan mempertimbangkan produk atau layanan Anda.

Kadang-kadang, bagaimanapun, merek Anda mungkin menerima beberapa pemberitaan atau ulasan negatif yang dapat mengubah cara pandangnya. Jika calon pelanggan ingin tahu apakah bisnis Anda memiliki reputasi baik, mereka kemungkinan akan mencari Anda secara online.

Mengunjungi situs web Anda tidak cukup dan mereka menginginkan umpan balik yang lebih obyektif. Jadi, manajemen reputasi online sangatlah penting. Ini adalah proses membentuk dan mengendalikan narasi seputar merek Anda secara online. SEO merupakan langkah penting untuk dipertimbangkan dalam proses itu.

Mengapa Manajemen Reputasi Online Penting?

Riset merek, produk, atau layanan sering kali dimulai secara online dengan penelusuran. Situs web Anda kemungkinan hanya menjadi satu atau dua dari hasil yang dimunculkan saat seseorang menelusuri merek Anda.

Semua hasil pencarian lainnya berpotensi mengatakan sesuatu tentang merek Anda yang mungkin tidak semenarik yang Anda inginkan.

Untuk Merek Perusahaan

Ulasan negatif terjadi. Perbandingan yang tidak menguntungkan tentang produk Anda dan pesaing dapat dilakukan oleh pihak ketiga yang objektif. Pers yang buruk bisa jadi peringkat tinggi.

Jika Anda tidak secara aktif memantau apa yang muncul di bagian atas hasil pencarian untuk kata kunci bermerek Anda, maka Anda bisa kehilangan kesempatan untuk melihat potensi masalah reputasi.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar dI Blog

Begitu sebuah berita mulai beredar tentang perusahaan Anda, atau bahkan informasi yang salah ditambahkan ke situs web pihak ketiga, mungkin sulit untuk memperbaiki kerusakan pada merek Anda.

Penting bahwa pesan merek Anda adalah apa yang terlihat di halaman pertama SERP. Mengerjakan manajemen reputasi online secara proaktif dapat menempatkan Anda pada posisi yang kuat untuk memperbaiki informasi yang salah atau mengungguli konten yang tidak menyenangkan.

Merek Pribadi Anda

Ini semua berlaku untuk merek pribadi Anda dan juga merek perusahaan Anda. Anda perlu memastikan bahwa informasi yang tersedia secara online memberikan gambaran yang positif. Kita semua menjadi sangat pandai menampilkan diri kita secara positif di media sosial.

Memotret gambar, menyusun sorotan hidup kita, dan hanya berbagi informasi yang memberi kesan positif bagi kita. Pengusaha dan perekrut semakin mengunjungi profil media sosial saat mempertimbangkan kandidat untuk suatu pekerjaan.

Tapi bagaimana saat seseorang mencari nama Anda. Apa yang muncul di halaman pertama SERP?

Bagaimana Melakukan SEO Untuk Manajemen Reputasi Online

Saya tidak akan memberi tahu Anda cara membuat situs web Anda mendapat peringkat untuk istilah merek Anda, hanya saja Anda perlu. Itu bisa sangat rumit jika nama merek Anda adalah kata yang berarti sesuatu dalam bahasa Anda atau bahasa lain.

Ini bisa sangat sulit jika nama merek Anda tidak begitu unik. Anda memang ingin peringkatnya sedekat mungkin dengan posisi satu untuk nama merek Anda. Dengan cara ini, hasil pertama (tidak termasuk hasil berbayar) untuk nama merek Anda adalah properti yang Anda kendalikan.

Meskipun demikian, Anda ingin posisi dua, tiga, empat, dan lima menjadi properti yang Anda miliki juga.

1. Kontrol Halaman Depan

Jika memungkinkan, lima atau lebih hasil peringkat teratas pertama untuk merek Anda harus dikontrol oleh Anda. Situs web Anda, properti digital lainnya yang Anda host, dan halaman media sosial Anda. 

Jika calon pelanggan mencari informasi tentang merek Anda, Anda ingin mempertahankan informasi yang mereka baca.

Ini berarti memanfaatkan situs media sosial terkemuka di wilayah Anda. Siapkan profil Facebook, LinkedIn , dan Twitter bermerek. Situs media sosial sangat otoritatif dan akan mendapat peringkat tinggi untuk sebagian besar kueri penelusuran bermerek.

Namun, jangan hanya puas dengan kehadiran media sosial. Siapkan perusahaan Anda dengan profil di situs ulasan, situs perbandingan industri. Pada dasarnya, properti apa pun di luar kepemilikan langsung Anda yang masih dapat Anda katakan tentang kontennya.

2. Aktif di Media Sosial & Situs Review

Menyiapkan diri Anda di media sosial dan situs ulasan memang memiliki risiko. Orang akan berkomentar, ulasan akan ditinggalkan. Mereka tidak akan disukai semua.

Namun, bahkan jika Anda tidak memiliki akun Twitter resmi atau halaman Glassdoor yang dibuat oleh perusahaan tidak berarti pesaing atau karyawan yang tidak puas tidak akan membicarakan perusahaan Anda.

Anda mungkin hanya memiliki visibilitas yang lebih sedikit. Pastikan Anda menanggapi komentar, positif dan negatif. Komentar Twitter negatif mungkin akan dikembalikan dalam pencarian Google untuk merek Anda.

Buat perusahaan Anda tetap aktif di media sosial dan tinjau situs untuk mengatasi komentar negatif apa pun, tetapi juga menjauhkannya dari halaman depan Google.

3. Siapkan Cantuman Google Bisnisku

Ini adalah area lain dari hasil penelusuran bermerek yang dapat Anda miliki. Anda Google Bisnis saya daftar juga bisa menjadi hasil pertama pengguna melihat ketika mencari merek Anda.

Sekitar hari libur meriah, atau bahkan selama pembatasan COVID-19, jam buka atau ketersediaan kantor Anda mungkin berubah.

Google Bisnisku adalah tempat yang tepat untuk terus memperbarui informasi tersebut. Jika Anda tidak memiliki listingan Google Bisnisku, penelusuran untuk "jam buka [merek Anda]" mungkin menarik informasi dari situs yang belum diperbarui.

Google Postingan

Manfaat lain dari profil Google Bisnisku untuk manajemen reputasi adalah Google Postingan. Postingan adalah cuplikan kecil konten yang akan langsung muncul di listingan Google Bisnisku milik Anda.

Mereka memungkinkan merek Anda memasukkan penawaran, artikel, atau pembaruan tepat waktu langsung ke hasil penelusuran Google tanpa harus melawan algoritme peringkat atau menunggu pengindeksan.

Jika Anda membutuhkan PR reaktif atau ingin mempromosikan sesuatu dengan cepat, ini adalah cara yang efektif untuk melakukannya.

Ulasan

Listingan Google Bisnisku memang menghadirkan potensi ulasan merek Anda untuk muncul di bagian atas SERP. Jika pengguna memberikan ulasan di profil Google Bisnisku milik Anda, hanya sedikit yang dapat dilakukan untuk menghapusnya.

Itu harus bertentangan dengan pedoman review Google dalam beberapa cara dan bahkan kemudian tidak ada jaminan akan diatur oleh Google seperti itu. Manajemen reputasi yang baik adalah tentang menangani perhatian negatif secara efektif dan juga positif.

Ulasan negatif dapat ditanggapi di Google Bisnisku, memberi merek Anda kesempatan untuk mengubah pengalaman negatif menjadi pengalaman positif.

Pertanyaan

Google Bisnisku juga menampilkan bagian Tanya Jawab tempat publik dapat mengirimkan pertanyaan ke profil Anda. Persoalan utamanya adalah, publik juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Ini adalah kesempatan yang baik untuk memahami apa yang ingin diketahui oleh audiens target Anda, tetapi ini adalah cara yang sangat umum untuk mengetahuinya. Sangat penting bagi Anda untuk selalu mengetahui semua pertanyaan yang diajukan sehingga Anda dapat memastikan jawabannya akurat.

Tidak ada yang bisa menghentikan anggota publik yang bermaksud baik (atau berniat buruk) untuk menjawab pertanyaan dan itu salah. Pastikan Anda mengelola reputasi online Anda dengan baik dengan mengawasi sudut SERP ini.

4. Buat Konten di Sekitar Kata Kunci yang Berpotensi Negatif

Pencarian merek sering kali menghasilkan serangkaian permintaan pencarian People Juga Asked (PAA). Hasil PAA adalah tambang emas informasi untuk analisis kata kunci manajemen reputasi Anda.

Perintah ini dapat menyebabkan penelusuran mempertimbangkan pertanyaan tentang merek yang mungkin tidak pernah mereka tanyakan. Misalnya, yang berbasis di Inggris Raya, saya memiliki sedikit eksposur atau pemahaman tentang merek Walmart.

Namun, mencari kata kunci "Walmart" menghasilkan PAA ini.

SEO Manajemen Reputasi: Panduan Pemula

Sebelum melihat PAA ini, saya tidak akan tahu bahwa beberapa orang mungkin menganggap membeli pakaian dari merek tersebut adalah ide yang buruk.

Saya lakukan sekarang.

Tidak hanya pertanyaannya "apakah membeli pakaian dari Walmart itu buruk?" tidak menyenangkan bagi seseorang yang tidak tahu banyak tentang toko, hasil pencarian yang ditampilkannya bahkan lebih buruk.

Baca Juga: Apa Itu SEO & Mengapa Penting? Penjelasan Lengkap

PAA umum lainnya yang akan muncul untuk penelusuran merek termasuk "apakah [merek] sah?", "Apakah [merek] scam?" dan "dapatkah saya membatalkan langganan [merek]?"

Calon pelanggan Anda mungkin tidak memiliki alasan untuk menganggap merek Anda scam, tetapi melihat pertanyaan yang telah ditelusuri oleh orang lain dapat meningkatkan kekhawatiran itu.

Periksa PAA yang muncul untuk merek Anda.

Jika mereka bahkan sedikit negatif, Anda perlu memastikan bahwa Anda diberi peringkat sebagai cuplikan pilihan bagi mereka untuk melawan gagasan itu.

5. Layak diberitakan untuk Alasan yang Benar

Jika Anda mencoba mengubur artikel berita negatif peringkat tinggi yang didasarkan pada fakta, banyak yang tidak akan bersimpati kepada Anda. Alih-alih, berusahalah menjadi layak diberitakan untuk alasan yang benar.

Dapatkan informasi tentang sumbangan amal Anda, dorongan Anda untuk tim lokal, atau pekerjaan Anda untuk melindungi lingkungan. Fokus pada PR digital demi PR, bahkan jika yang Anda dapatkan hanyalah penyebutan merek.

Jika berada di situs web otoritas tinggi, mungkin cukup untuk mengungguli situs ulasan, situs perbandingan, dan properti lain yang lebih berbahaya untuk istilah merek Anda.

Kuncinya adalah menyusun halaman depan dengan komentar positif tentang merek Anda di luar properti yang dapat Anda kendalikan secara langsung.
Siapkan Brand Alert

Menggunakan Google Alerts atau merek lain menyebutkan alat pemantauan mengawasi ketika Anda disebutkan secara online. Mungkin seorang jurnalis, atau pengulas, akan setuju untuk mendengarkan cerita negatif dari sisi Anda.

Mungkin saja jam buka perusahaan Anda salah dilaporkan atau dinyatakan tidak akurat lainnya. Peringatan tersebut dapat memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki informasi yang salah atau tuduhan yang merusak sebelum dibaca secara luas.

6. Ini Tidak Semua Tentang Google

Jangan lupa bahwa ada mesin pencari lain selain Google. Pastikan Anda juga mengikuti langkah-langkah ini untuk mesin telusur tersebut. Siapkan daftar Bing Places dan pantau halaman pertama DuckDuckGo untuk frasa merek Anda.

Jika ada potensi merek Anda untuk dicari di mesin pencari yang berbeda , Anda harus mengelola reputasi Anda di sana.


Nah itulah penjelasan tentang SEO Manajemen Reputasi: Panduan Pemula dari saya semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

0 Response to "SEO Manajemen Reputasi: Panduan Pemula"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel