>

Pengertian Apa itu Pemasaran Email (Marketing Email) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengertian Apa itu Pemasaran Email (Marketing Email) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Pemasaran Email (Marketing Email)?

Apa itu pemasaran email? Pemasaran email adalah tindakan menargetkan konsumen dengan pesan komersial melalui email dengan tujuan untuk mendorong penjualan, meningkatkan loyalitas pelanggan, atau mengkomunikasikan informasi penting. Ini adalah bentuk pemasaran langsung yang, di masa lalu, biasa digunakan untuk menyasar sekelompok orang. Namun, pemasaran email modern didasarkan pada prinsip persetujuan, segmentasi, dan personalisasi. 

Pemasaran email adalah saluran pemasaran langsung yang paling menguntungkan, yang mampu menghasilkan hingga 30 kali lipat dari investasi awal Anda. Ini menjadikannya pilar utama dari strategi pemasaran digital apa pun. 

Kegagalan untuk memasukkan pemasaran email dalam strategi pemasaran digital Anda tidak akan bijaksana mengingat potensi ROI yang dipertaruhkan.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari:
  • Apa itu pemasaran email dan tujuan bisnis yang dapat membantu Anda mencapainya
  • Bagaimana cara memulai
  • Jenis email yang berbeda
  • Persyaratan hukum dan aspek lain yang perlu dipertimbangkan

Mengapa Pemasaran Email Penting Hari ini?

Dari konfirmasi pesanan hingga buletin, email adalah aspek penting dari pertumbuhan dan manajemen bisnis Anda. 

Pemasaran email adalah tentang menginformasikan, membujuk, dan memenangkan loyalitas basis kontak yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. 

Email pemasaran berisi ajakan bertindak khusus yang ditujukan untuk menghasilkan penjualan atau membawa lalu lintas ke halaman tertentu di situs Anda. Ini juga merupakan alat yang ampuh untuk membuat komunitas.


Tujuan Bisnis Dicapai Dengan Pemasaran Email

Pemasaran email dapat membantu mencapai 3 kategori tujuan:
  • Konversi (menjual produk dan layanan Anda)
  • Kesetiaan pelanggan
  • Kesadaran merek
Email adalah saluran yang bagus karena memiliki tingkat keakraban tertentu yang menyertainya. Bagi banyak orang, kotak masuk telah menjadi ruang terkurasi yang berisi pesan dari merek favorit mereka. 

Dengan berkomunikasi langsung ke kotak masuk email kontak, Anda memiliki kesempatan unik untuk hadir dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ini jauh lebih berdampak daripada posting media sosial, di mana Anda tidak dapat memastikan apakah seseorang telah melihat pesan tersebut sama sekali. 

Selain keintiman, email memiliki formalitas yang diperlukan dalam hal mengkomunikasikan pesan penting. Ini akan menjelaskan mengapa email menjadi saluran pilihan bagi merek yang mengirimkan komunikasi krisis selama pandemi COVID-19. 

Email berperan dalam setiap tahap siklus pembeli: pada tahap informasi dan prospek, selama konversi, dan selanjutnya untuk retensi pelanggan. 

Salah satu manfaat utama pemasaran email adalah skalabilitasnya. Ini mengacu pada fakta bahwa email dapat disebarkan dalam skala besar ke banyak penerima.


Status Pemasaran Email di 2020

Email bukanlah teknologi baru. Faktanya, ini adalah salah satu alat komunikasi digital pertama yang muncul di panggung pada tahun 1971. Namun pada usia hampir 50 tahun, pemasaran email lebih banyak digunakan saat ini daripada sebelumnya. 

Salah satu hal hebat tentang email adalah aksesibilitasnya . 

Email memungkinkan Anda menjangkau berbagai audiens yang berbeda, termasuk mereka yang belum tentu nyaman menggunakan internet. Ini menjadikannya bentuk pemasaran paling utama. 

Selain itu, pemasaran email menciptakan peluang untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan prospek Anda.

Lihat saja beberapa statistik berikut:

  • Menurut Laporan Kotak Masuk 2018 oleh Fluent , 80% orang Amerika memeriksa email mereka setidaknya sekali sehari , dengan hampir seperempat dari mereka memeriksa email pribadi mereka beberapa kali sehari.
  • Konsumen yang membeli produk melalui email membelanjakan 138% lebih banyak daripada mereka yang tidak menerima penawaran email.
  • 86% profesional bisnis lebih suka menggunakan email saat berkomunikasi untuk tujuan bisnis.

Mengingat angka-angka tersebut, tidak mengherankan jika email dielu-elukan sebagai saluran paling efektif dalam pemasaran B2B . 

Tidak memiliki strategi pemasaran email berarti kehilangan peluang penjualan dan kesempatan untuk memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan. 

Sekarang saatnya untuk menjalankan pemasaran email Anda - dan saya akan menjelaskan caranya. 


Memulai: Memilih Solusi Pemasaran Email yang Tepat


Manfaat Perangkat Lunak Pemasaran Email

Langkah pertama untuk menerapkan strategi email yang efektif adalah memilih solusi pemasaran email. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu berinvestasi dalam layanan pemasaran email khusus untuk membuat dan mengirim email pemasaran. 

Platform pemasaran email memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk memastikan pengiriman email - sesuatu yang tidak dapat Anda jamin saat mengirim kampanye email dari Penyedia Layanan Internet biasa seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook. 

Keuntungan lain dari layanan email adalah dapat mengelola pelanggan email Anda dan menyegmentasikannya ke dalam daftar email. 

Selain itu, ketika merancang email pemasaran, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar layanan email menawarkan templat siap pakai dan editor email yang mudah digunakan. Beberapa klik dan Anda dapat dengan mudah membuat buletin . Tidak diperlukan keterampilan desain grafis atau pengkodean HTML. 

Anda juga akan mendapatkan wawasan tentang kinerja kampanye email berkat pelaporan dan statistik lanjutan. Anda akan melihat email mana yang paling berhasil dan mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda berkat rasio terbuka, rasio klik-tayang, dan wawasan reaktivitas. 


Membandingkan Solusi yang Berbeda

Ada beberapa solusi email berbeda yang dapat dipilih. Untuk memilih salah satu yang relevan dengan bisnis Anda, berikut beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan: 

  • Berapa banyak kontak yang Anda miliki sekarang dan berapa banyak yang Anda rencanakan untuk diperoleh dalam satu tahun?
  • Berapa banyak email yang Anda rencanakan untuk dikirim?
  • Jenis email apa yang ingin Anda kirim? Promosi, transaksional, atau keduanya?
  • Berapa anggaran Anda?

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat membandingkan layanan email adalah skalabilitas dan biaya terkait. Saat Anda memulai pemasaran email untuk bisnis Anda, kemungkinan daftar kontak Anda akan kecil - tetapi idealnya akan bertambah seiring berjalannya waktu. 

Meskipun banyak penyedia memiliki paket dasar super murah untuk mereka yang memiliki sedikit kontak, waspadalah terhadap bagaimana harga akan meningkat dengan penyedia tersebut saat Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan. Lonjakan ini bisa sangat curam (Seperti halnya Mailchimp ) dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah membayar lebih untuk email.


Berbagai Jenis Email Pemasaran 

Email Promosi

Email promosi dikirim jika diperlukan, sejalan dengan ritme bisnis Anda. Buletin menyajikan berita yang terkait dengan bisnis Anda (pencapaian baru, kapabilitas produk baru) atau untuk menyoroti kasus penggunaan produk. Ini adalah cara untuk tetap berada di garis depan pikiran kontak Anda dan menginspirasi mereka untuk lebih terlibat dengan Anda. 

Kampanye email lebih fokus pada penjualan dan pemasaran. Biasanya, kampanye dapat terdiri dari 3 - 10 email yang dikirim selama beberapa hari atau minggu. Email semacam ini dikirim dengan tujuan tertentu - baik itu untuk mempromosikan penawaran khusus, mendorong pengunduhan buku putih, atau mendaftar untuk webinar.


Email Otomatis

Email otomatis dapat menghemat banyak waktu dan melakukan keajaiban untuk menumbuhkan hubungan pelanggan. 

Email otomatis bisa sesederhana email selamat datang yang dikirim ke pendaftaran buletin baru atau email yang dipersonalisasi berdasarkan perilaku pelanggan atau informasi yang ada. 

Apa yang hebat tentang email otomatis adalah tidak ada yang perlu hadir secara fisik untuk menekan 'kirim'. 

Fitur otomatisasi email memungkinkan Anda mengatur email otomatis yang dikirim sebagai tanggapan atas peristiwa 'pemicu' tertentu yang telah Anda tentukan sebelumnya. 

Acara ini dapat berupa pendaftaran buletin, ulang tahun , atau keranjang yang ditinggalkan di situs web Anda. Ada banyak kemungkinan otomatisasi email.


Berbagai Jenis Email Otomatis

Menggali lebih dalam tentang email otomatis, ada dua jenis berbeda yang harus Anda ketahui: 

Email Pemasaran Otomatis: Ini adalah yang baru saja kita diskusikan di atas. Isi email ini ditentukan oleh tindakan yang diambil kontak terkait dengan produk atau layanan Anda. 

Biasanya, kontak tersebut telah memberikan persetujuan eksplisit mereka untuk menerima email promosi ini dari Anda melalui formulir keikutsertaan. 

Email Transaksional: Seperti namanya, ini dikirim setelah transaksi. Contohnya termasuk konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, dan pengingat janji temu. 

Email transaksional sangat penting untuk mengelola hubungan pelanggan, terutama jika Anda memiliki bisnis e-niaga. Bayangkan membeli produk secara online dan tidak menerima konfirmasi pesanan - Anda mungkin mengira Anda telah ditipu. 

Karena pentingnya, email transaksional sering dikirim dari alamat IP yang berbeda ke email promosi. Jika bisnis Anda sangat bergantung pada komunikasi transaksional, Anda perlu menilai dengan cermat kapabilitas transaksional penyedia email potensial. 


Praktik Terbaik Pemasaran Email

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang berbagai jenis email dan manfaatnya bagi bisnis Anda, sekarang saatnya menangani beberapa aspek terpenting dari pemasaran email. 

Poin-poin berikut membutuhkan perhatian yang cermat dari Anda karena akan membantu memastikan bahwa pemasaran email Anda dilakukan secara legal.


Kumpulkan Alamat Email Secara Legal

Jika Anda akan mengirim email, maka Anda jelas akan membutuhkan alamat email. Namun, cara Anda mengumpulkan alamat tersebut sangat penting. 

GDPR adalah peraturan dalam hukum Uni Eropa yang melindungi data pribadi dan privasi konsumen, termasuk alamat email mereka. 

Untuk mengumpulkan alamat email secara legal, Anda perlu menerapkan apa yang disebut proses 'opt-in'. 

Ini adalah prosedur di mana pelanggan atau prospek memberi Anda persetujuan mereka melalui formulir online untuk mengumpulkan dan menggunakan data mereka. 


Segmentasikan Milis Anda

Saat daftar email Anda berkembang, kemungkinan berisi profil pembeli yang beragam. Segmentasi mengacu pada memotong daftar Anda dan membuat sub-daftar kontak yang lebih kecil yang memiliki kesamaan.

Di antara berbagai kemungkinan segmentasi, beberapa contohnya termasuk usia, lokasi geografis, skor prospek, pembelian pertama kali, dll. Ini memungkinkan Anda untuk terus mengusulkan konten yang dipersonalisasi dan relevan untuk setiap individu di milis Anda. 


Optimalkan Pengiriman Anda

Pengiriman email mengacu pada kemampuan email untuk masuk ke kotak masuk pelanggan. Ini adalah konsep penting bagi pemasar karena ini menandakan bahwa email telah mencapai tujuan mereka dengan benar, daripada berakhir di folder email sampah di mana mereka tidak mungkin dibaca. 

Pengiriman email bergantung pada faktor teknis dan perilaku. Misalnya, kualitas email Anda akan memengaruhi pengiriman secara signifikan. 

Untuk memastikan kualitas ini, ada sejumlah praktik terbaik yang harus diikuti:
  • Pastikan subjek email Anda bebas spam. Tahukah Anda bahwa kata dan frasa tertentu dapat memicu filter spam?.
  • Selalu perbarui basis data kontak Anda dengan menghapus pengguna yang tidak terlibat dan alamat yang tidak aktif.
  • Selalu sertakan tautan berhenti berlangganan. Sesuai dengan GDPR, kontak memiliki hak untuk menentukan bagaimana datanya digunakan. Tindakan berhenti berlangganan sepenuhnya termasuk dalam hak-hak tersebut sehingga opsi ini harus selalu tersedia.

Pilih Desain Email yang Sesuai Untuk Merek & Audiens Anda

Ketika berbicara tentang pemasaran email, desain sama pentingnya dengan konten. Tarik perhatian kontak Anda dengan desain email yang sesuai dengan merek dan menarik secara visual. 

Ingat: Tampilan dan nuansa email Anda akan mengkomunikasikan pesan tentang perusahaan Anda dan nilainya. Ini layak menghabiskan waktu. 

Desain email yang baik akan mendukung konten email Anda dengan membuatnya jelas, terbaca, dan terstruktur. Memiliki struktur yang secara alami menarik pembaca ke ajakan bertindak Anda akan mendorong konversi. 


Hemat Waktu Dengan Templat Email

Tidak perlu memanggil desainer karena sebagian besar solusi pemasaran email saat ini memiliki editor email bawaan yang mudah digunakan. 

Kiat utama saya untuk memastikan konsistensi dan penghematan waktu sejak awal adalah membuat templat email yang dapat digunakan kembali . 

Pilih template dan sesuaikan dengan merek Anda. Setelah selesai, Anda hanya perlu mengubah teks setiap kali untuk email yang berbeda.


Personalisasikan Email Anda

Kita semua suka dibuat merasa istimewa, terutama jika menyangkut merek favorit kita. Saya menghargai ketika merek menambahkan sentuhan pribadi dan memperhatikan detail kecil. Sedikit upaya ekstra akan membuat kita merasa dihargai dan dipahami. 

Ini juga berlaku dalam kasus pemasaran email. Mempersonalisasi email sangat penting untuk membangun hubungan saling percaya dengan prospek dan pelanggan Anda. 

Mengingat pentingnya personalisasi di era modern, Anda perlu memanfaatkannya semaksimal mungkin di setiap kesempatan.

Beberapa Ide Personalisasi untuk memulai:
  • Gunakan nama kontak Anda ("Hello Tom").
  • Mempertimbangkan lokasi kontak saat menjadwalkan waktu pengiriman.
  • Segmentasikan kontak Anda.
  • Gunakan email yang dipicu oleh perilaku berdasarkan bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan produk atau layanan Anda.

Pertimbangan kecil seperti ini akan memengaruhi rasio terbuka, klik-tayang, dan konversi Anda dengan cara yang positif.

Nah Mungkin hanya sekian artikel yang dapat saya jelaskan tentang Pengertian Apa itu Pemasaran Email (Marketing Email) dan Bagaimana Cara Kerjanya? semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda jangan sungkan untuk bertanya hal di komentar karena saya sangat mengharapkan sekali komentar dari Anda.

0 Response to "Pengertian Apa itu Pemasaran Email (Marketing Email) dan Bagaimana Cara Kerjanya?"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel