>

Pelaporan SEO: Yang Perlu Anda Ketahui untuk Membuat Laporan SEO yang Menarik Untuk Klien

Pelaporan SEO

Pelaporan SEO: Yang Perlu Anda Ketahui untuk Membuat Laporan SEO yang Menarik Untuk Klien - Tidak dapat disangkal bahwa optimisasi mesin pencari memainkan peran kunci dalam pemasaran digital.

Meskipun ini bukan satu-satunya metode yang memungkinkan Anda mempertahankan keberadaan web yang konsisten dan mengarahkan lalu lintas ke situs web, SEO jelas merupakan salah satu yang paling efektif - terutama dalam hal pertumbuhan jangka panjang.

Jika Anda menjalankan agensi yang menawarkan layanan pemasaran internet atau bahkan desain web, kemungkinan besar Anda sudah memahami nilai SEO. Namun, klien Anda mungkin tidak melihat nilai SEO, terutama jika Anda tidak menyajikan informasi dengan cara yang mudah mereka pahami.

Bahkan jika mereka awalnya setuju untuk mengoptimalkan situs web mereka dan menerbitkan konten baru secara teratur, mereka mungkin tidak benar-benar tahu apa yang terjadi di balik layar (atau bahkan mengapa mereka harus peduli). Terlebih lagi, mereka mungkin memperhatikan metrik yang salah, yang dapat mempersulit untuk menetapkan ekspektasi dan mempertahankan klien dari waktu ke waktu.

Pada akhirnya, Anda harus menunjukkan kepada klien bagaimana bisnis mereka meningkat sebagai akibat langsung dari SEO Anda dan upaya pemasaran digital lainnya. Dan sementara mengirim email atau menunjukkan kemenangan dalam panggilan dapat membantu, memanfaatkan pelaporan SEO dapat memastikan Anda memiliki semua data menarik yang Anda butuhkan untuk menggambarkan nilai Anda dan membuat klien Anda senang.

Mari kita bahas konsep pelaporan SEO secara mendalam, cari tahu apa yang harus disertakan dalam laporan SEO, dan pelajari bagaimana perangkat lunak pelaporan SEO Semify dan dasbor all-in-one dapat memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Apa Itu SEO & Mengapa Penting? Penjelasan Lengkap

Apa itu Pelaporan SEO?

Sederhananya, laporan SEO adalah pembaruan status yang menunjukkan seberapa baik kemajuan kampanye pemasaran digital. Mereka biasanya berisi data yang tepat dan rekomendasi ahli, yang akan menunjukkan kemajuan seperti apa yang telah dicapai kampanye dan bagaimana membangun momentum tersebut.

Laporan SEO akan dibuat di berbagai waktu. Terkadang, klien akan meminta laporan bulanan; dalam kasus lain, klien mungkin memerlukan pembaruan status setiap enam bulan sekali. Frekuensi pelaporan SEO mungkin tergantung pada kebijakan internal agensi Anda atau preferensi klien individu.

Namun tidak peduli seberapa sering laporan ini dikompilasi, penting untuk memiliki akses ke informasi yang benar-benar penting bagi klien Anda dan menampilkannya dengan cara yang dapat mereka cerna dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Terbaru

Apa yang Harus Disertakan dalam Laporan SEO?

Pada intinya, setiap laporan SEO harus menunjukkan kemajuan yang telah dibuat dalam waktu tertentu, taktik mana yang telah digunakan untuk mencapai hasil tersebut, dan rekomendasi untuk dipertimbangkan untuk bergerak maju yang dapat membangun pertumbuhan yang telah dicapai.

Kedengarannya cukup sederhana, tetapi pelaporan SEO mungkin lebih mendalam daripada yang disadari banyak pemilik agensi. Laporan SEO harus lebih dari sekadar screengrab dari lalu lintas web senilai bulan lalu. Namun, mereka tidak boleh terlalu lama dan diisi dengan informasi yang tidak perlu sehingga klien kehilangan minat.

Penting untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara terlalu lama dan tidak cukup lama. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memastikan setiap fitur laporan memiliki tujuan yang pasti dan akan mendukung tujuan akhir: untuk meyakinkan klien bahwa waktu dan uang mereka digunakan dengan baik.

Tidak ada keraguan bahwa metrik itu penting. Meskipun tidak semua jenis perangkat lunak pelaporan SEO gratis akan menyertakan metrik yang sama, pakar pemasaran digital akan sering menyarankan bahwa laporan SEO harus menampilkan data yang mencakup kinerja kata kunci, pengoptimalan di halaman dan di luar halaman, link balik, lalu lintas web, dan lainnya. metrik yang Anda rasa ingin diketahui klien Anda.

Metrik yang berbeda akan lebih penting untuk industri yang berbeda (atau bahkan untuk bisnis yang berbeda) daripada yang lain, jadi penting untuk bersikap fleksibel dan melakukan penelitian untuk memastikan Anda memasukkan informasi yang relevan dan berharga.

Metrik juga membutuhkan konteks agar beresonansi dengan klien. Dengan kata lain, tidak cukup hanya dengan menyalin dan menempelkan hasil, mengirimkannya ke pelanggan, dan membatalkannya. Anda perlu menyediakan kerangka kerja yang tepat untuk menggambarkan arti hasil bagi klien dan memastikan bahwa informasi dikomunikasikan dengan cara yang dirasa penting dalam kaitannya dengan tujuan akhir klien.

Itu berarti Anda harus menekankan keuntungan berdasarkan apa yang mereka pedulikan - dan tidak harus pada apa yang paling membuat Anda bersemangat. Meskipun kedua konsep ini mungkin selaras dalam situasi tertentu, itu tidak selalu terjadi. Dan jika Anda ingin mempertahankan klien, Anda perlu menunjukkan kepada mereka mengapa mereka harus peduli dengan pekerjaan yang Anda lakukan.

Biasanya, itu berarti menyoroti tujuan klien Anda untuk SEO atau pemasaran digital, membahas metode yang Anda gunakan, dan menunjukkan kepada mereka bagaimana metode tersebut berdampak langsung pada hasil mereka. Sebab dan akibat ini, didukung oleh data berharga, dapat menunjukkan kepada klien bahwa apa yang Anda lakukan benar-benar berhasil untuk mereka.

Perlu diingat bahwa ini tidak hanya cukup untuk menunjukkan peningkatan peringkat untuk lalu lintas, pemosisian SERP, atau pergerakan kata kunci. Anda juga perlu mencari tahu bagaimana peningkatan ini telah membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka.
Menjadi nomor satu dalam hasil pencarian Google mungkin menyenangkan, tetapi jika tidak membantu mereka menghasilkan lebih banyak penjualan, mereka mungkin tidak peduli dengan semua pekerjaan yang Anda lakukan.

Jadi, meskipun penting untuk mencatat pengamatan dan menunjukkan kemajuan mereka kampanye telah dibuat, Anda juga perlu menghubungkan titik-titik untuk memastikan mereka melihat bagaimana kerja SEO yang telah dilakukan tim Anda telah membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka.

Untuk pelaporan SEO yang sukses, penting bahwa Anda melakukan pekerjaan persiapan untuk benar-benar mengenal klien Anda. Tidak masuk akal untuk menggunakan format pelaporan yang sama persis untuk setiap klien.

Sebaliknya, Anda harus mengkhususkan laporan ini untuk memastikan laporan tersebut menangkap apa yang penting bagi setiap klien dan dengan mahir memamerkan semua pekerjaan yang telah Anda lakukan untuk membantu mereka sukses - bagaimanapun mereka mendefinisikan "kesuksesan".

Tentu saja, selalu ada ruang untuk berkembang. Jika klien merasa telah mencapai semua yang telah mereka rencanakan, mereka mungkin tidak diyakinkan untuk terus membayar layanan mereka (bahkan jika Anda melihat manfaatnya).

Anda tidak hanya harus menyertakan rekomendasi untuk perbaikan selama beberapa bulan ke depan, tetapi Anda bahkan mungkin ingin menggunakan metrik negatif untuk keuntungan Anda. Selama mereka memahami bahwa SEO adalah solusi jangka panjang dan membutuhkan sedikit kesabaran, sebenarnya dapat bermanfaat bagi Anda dan klien Anda untuk menunjukkan apa yang menurut Anda harus disesuaikan dan apa yang dapat mereka harapkan jika mereka mengikuti rekomendasi Anda.

Rekomendasi ini dapat memberikan peluang besar untuk menjual produk dan layanan lain yang Anda tawarkan - dan jika Anda dapat menyoroti dengan tepat mengapa rekomendasi ini dapat membantu mereka mewujudkan visinya.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar di Blog

Bagaimana Agensi Saya Dapat Meningkatkan Pelaporan SEO Untuk Klien?

Sekarang setelah saya membahas dasar-dasar pelaporan SEO, Anda mungkin khawatir metode Anda saat ini tidak berhasil. Sebagai pemilik agensi kecil, Anda mungkin menemukan diri Anda berebut untuk mengumpulkan data dari berbagai dokumen, platform perangkat lunak, email, dan sistem untuk menunjukkan kepada klien Anda bahwa semua pekerjaan yang telah Anda lakukan tidak sia-sia.

Dapat dimengerti bahwa Anda mungkin merasa sedikit tidak teratur ketika Anda harus menarik data dari begitu banyak tempat yang berbeda dan menggabungkannya untuk setiap klien. Tetapi Anda dan klien Anda berhak mendapatkan pengaturan yang lebih baik yang akan mencerminkan profesionalisme Anda dan mendorong pemahaman yang lebih baik.

Ini adalah salah satu alasan paling kuat untuk menggunakan perangkat lunak pelaporan SEO. Meskipun mungkin ada sejumlah opsi perangkat lunak pelaporan SEO gratis yang tersedia untuk Anda, sebaiknya cari platform yang menawarkan semacam integrasi API dan memungkinkan Anda melacak semua data klien di satu tempat. Ini dapat membantu Anda menemukan semua data yang Anda butuhkan - dan hanya dengan beberapa klik, Anda dapat dengan mudah menyusunnya menjadi sebuah laporan.

Di Semify, dasbornya yang mudah digunakan memungkinkan mereka yang ada di program pengecer SEO untuk menyimpan semua data pemasaran dan konten mereka di satu tempat. Pengecer mendapatkan akses ke alat pelaporan ahli yang membantu mereka mempertahankan klien dan mempertahankan merek mereka pada saat yang bersamaan.

Anda tidak hanya dapat mengakses analitik, peringkat pencarian, data pencarian berbayar, pelacakan telepon, dan info perolehan prospek, tetapi saya juga memastikan bahwa setiap aspek dari dasbor Anda dan pelaporan berikutnya diberi label putih dengan agensi, logo, dan kebiasaan Anda.


URL Ini memberikan pengalaman yang efisien dan terspesialisasi bagi Anda dan klien Anda sambil memberi Anda dukungan yang Anda butuhkan untuk memberikan apa yang diharapkan. Anda bahkan dapat memilih seberapa sering Anda menerima pembaruan kampanye langsung di kotak masuk Anda, serta seberapa sering laporan digabungkan.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan semua informasi yang perlu Anda ketahui bahwa pekerjaan telah selesai dan hasilnya akan membuat klien Anda senang. Yang terbaik dari semuanya, perangkat lunak pelaporan SEO gratis saya disertakan dalam pengalaman pengecer SEO Anda untuk memastikan agensi dan bisnis klien Anda dapat tumbuh tanpa hambatan apa pun yang menghalangi Anda.

Dengan menyederhanakan proses pelaporan SEO - baik melalui dasbor pengecer all-in-one saya atau melalui cara lain - Anda dapat lebih efektif menampilkan semua kerja keras yang telah Anda lakukan untuk klien Anda.

Jika Anda dapat menyoroti dengan tepat bagaimana pekerjaan itu diterjemahkan menjadi hasil yang lebih baik dan kesuksesan keseluruhan untuk bisnis mereka, Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan klien Anda dan meningkatkan biro iklan Anda.

Nah itulah penjelasan yang dapat saya bagikan tentang Pelaporan SEO: Yang Perlu Anda Ketahui untuk Membuat Laporan SEO yang Menarik Untuk Klien semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

0 Response to "Pelaporan SEO: Yang Perlu Anda Ketahui untuk Membuat Laporan SEO yang Menarik Untuk Klien"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel