>

Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics Terbaru

Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics

Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics Terbaru - Sulit memutuskan di mana akan menghabiskan waktu dan uang Anda untuk pemasaran? Tetapi bagaimana jika Anda dapat dengan mudah memahami di mana Anda harus membelanjakan anggaran dan tepatnya berapa banyak penjualan dan pertanyaan yang disediakan oleh setiap taktik pemasaran?

Dalam artikel ini, Saya mengeksplorasi dengan tepat informasi apa yang harus dilihat untuk membantu menilai strategi pemasaran Anda yang paling kuat. Apa yang akan Anda pelajari di sini akan memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan data tentang cara menyesuaikan strategi pemasaran Anda untuk menerima ROI terbaik.

Menulis konten untuk agensi pemasaran digital atau untuk perusahaan lain mana pun, klien memerlukan banyak investasi waktu, dan Anda ingin investasi Anda terbayar?. Cara terbaik untuk menentukan ROI blog Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan adalah mempelajari cara memeriksa trafik di blog Anda.

Melacak trafik blog lebih awal dan sering memungkinkan Anda untuk menentukan jenis konten apa yang berfungsi. Anda kemudian dapat menghilangkan topik atau area yang tidak menghasilkan banyak trafik dan sebaliknya mengarahkan fokus Anda ke yang menghasilkan.

Analytics menunjukkan apakah orang membaca postingan Anda atau tidak dan postingan mana yang paling populer. Ini juga memberi Anda wawasan tentang audiens Anda, Anda dapat menentukan orang seperti apa yang tertarik pada postingan Anda.


Dan di mana mereka berada. Ini berarti bahwa alih-alih terbang buta, Anda dapat mengubah strategi pemasaran blog Anda untuk mendapatkan trafik yang Anda inginkan dan trafik yang lebih baik.

Postingan ini akan membantu semua individu dan agen pemasaran digital untuk memahami bagaimana Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics Terbaru.

Gunakan Google Analytics untuk melacak pengunjung situs


Untuk melindungi pengunjung senantiasa berkonversi sebagai prospek, penjualan, dan apalagi kunjungan ulang, Anda butuh mengenali metode memantau Sumber Trafik Website terbaik. 

Terdapat beberapa metode untuk menerapkan ini serta menganalisis sikap mereka di website Anda, namun dalam postingan ini, saya akan fokus pada platform sangat sederhana dan sangat mendalam di bidang ini: Google Analytics. Serta yang lebih berarti, layanan ini seluruhnya gratis!

Apa itu Google Analytics?


Google Analytics merupakan layanan gratis dari Google yang membagikan statistik akurat tentang pengunjung website serta sumber trafik Anda, sekaligus memantau data terukur semacam konversi serta penjualan website.

Webmaster bisa mengecek data ini untuk memastikan sumber trafik, mesin telusur, sumber daya iklan, ataupun sumber daya untuk memperoleh trafik dengan kualitas terbaik dan paling tinggi ke website. Program ini merupakan program analisis website paling canggih dan praktis yang tersaji untuk owner website.


Apa itu 'Pageview' di Google Analytics?


Kunjungan halaman dihitung setiap kali ada kunjungan ke salah satu halaman Anda.

Apa itu 'Tampilan Halaman Unik' di Google Analytics?


Ini dipicu setiap kali ada kunjungan ke salah satu halaman Anda, tetapi setiap pengguna hanya dihitung satu kali meskipun mereka mengunjungi halaman yang sama beberapa kali dalam sesi yang sama.

Apa yang dimaksud dengan 'Sesi' di Google Analytics?


Satu sesi berarti pengguna telah memasuki situs Anda. Itu tidak terpengaruh oleh berapa banyak halaman yang dikunjungi pengguna - ini akan tetap dihitung sebagai sesi yang sama.

Jika pengguna meninggalkan situs Anda atau menganggur selama 30 menit, sesi akan berakhir. Jadi, jika pengguna kembali nanti malam untuk melihat situs Anda lagi, mereka akan memulai sesi baru.

Saat pertama kali masuk ke Google Analytics, Anda akan disajikan dengan tab Audiens> Ikhtisar. Grafik di sini menunjukkan kepada Anda berapa banyak Sesi yang telah diselesaikan di situs web Anda secara keseluruhan.

Anda juga akan disajikan dengan informasi termasuk Sesi, Pengguna, Tampilan Halaman, Halaman / Sesi (halaman per sesi), Rta. Durasi Sesi dan Rasio Pentalan di bawah grafik. Ini semua adalah metrik yang menarik untuk dilihat. Dalam tampilan ini, angka-angka ini diambil rata-rata dari cara pengguna berinteraksi dengan seluruh situs Anda.

Baca Juga: Cara Melindungi Situs WordPress dari Peretas Hacker

Gunakan Google Analytics Untuk Pemasaran Digital Anda


Sebagian besar platform blog memiliki analytic bawaan atau plugin Google Analytics untuk melacak trafik blog dan pengunjung situs.

Terlepas dari platform blog yang Anda gunakan, sebaiknya periksa trafik blog menggunakan Google Analytics. Selama Google tetap menjadi platform utama, bisnis dapat dengan mudah melacak trafik blog di Google Analytics. Karena kita semua tahu bahwa jika Google tidak melihat blog kita, sejujurnya itu tidak ada.

Sebagai catatan tambahan, jika Anda masih perlu mengatur Google Analytics, ini adalah halaman bantuan Google. Pencarian cepat untuk "Menyiapkan Google Analytics untuk platform Anda" biasanya akan mengarahkan Anda ke petunjuk intuitif jika Anda menggunakan platform blog tertentu.

Pelacakan Trafik Blog di Google Analytics


Google Analytics bisa menjadi menakutkan saat Anda memulainya. Mulailah dari yang kecil dan ukur hanya satu atau dua hal agar Anda terbiasa menggunakan platform dan antarmuka. Dan setelah Anda puas, Anda dapat mulai menggunakan Google Analytics secara lebih komprehensif.

Baca Juga: Cara Menambahkan Situs di Google Adsense Terbaru

Untuk menelusuri lebih jauh ke dalam data Anda, Anda mungkin ingin mempelajari halaman, atau artikel, yang paling populer. Anda biasanya akan melihat metrik seperti Tayangan Halaman, Waktu Rata-Rata di Halaman, dan Rasio Pentalan.

Rata-rata Waktu di Halaman - Ini memberi tahu Anda berapa lama rata-rata pengguna menghabiskan waktu di halaman Anda. Jika Anda memiliki artikel yang panjangnya sekitar satu halaman (500 kata atau lebih) mungkin perlu satu atau dua menit untuk membaca. Jika waktu rata-rata Anda pada panjang halaman adalah sekitar waktu baca maka itu menunjukkan bahwa audiens Anda membaca seluruh halaman, yang biasanya merupakan kabar baik.

Rasio Pentalan - Metrik ini perlu dipertimbangkan dengan cermat. Jika pengguna "memantul" dari halaman, itu berarti mereka telah datang ke halaman tersebut dan kemudian meninggalkan browser. Jadi persentase rasio pentalan yang rendah atau tinggi dapat berarti salah satu dari dua hal; apakah audiens Anda telah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, dan merasa puas; atau itu berarti bahwa mereka tidak mendapatkan informasi yang mereka butuhkan sehingga telah meninggalkan situs web Anda.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar di Blog

Petunjuk Untuk Track(Melacak) Traffic Blog di Google Analytics

Google Analytics bekerja dengan cara yang sama meskipun situs Anda hanya terdiri dari sebuah blog, tidak ada bagian lain. Anda hanya perlu melihat semua halaman situs Anda untuk mengetahui pencarian pengunjung terhadap blog Anda.

Saya akan menggunakan laporan "Semua Halaman" di Google Analytics saya ini.

Berikut cara menuju ke sananya: Pertama masuk ke Google Analytics> lalu gulir ke bagian "Perilaku" di menu sebelah kiri> pilih "Konten Situs"> setelah itu pilih "Semua Halaman"

Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics
Sumber Growfox.co.uk
 

Rasio pentalan memengaruhi peringkat Anda


Tidak ada satu pun rasio pentalan ideal. Rasio pentalan ideal Anda sepenuhnya bergantung pada tujuan Anda untuk situs web. Jika Anda seorang blogger informasional, Anda mungkin senang dengan orang-orang yang hanya membaca konten Anda.

Berdasarkan Tampilan Halaman Unik yang tinggi, Waktu Rata-Rata di Halaman yang tinggi, dan mungkin jumlah pangsa sosial, jadi rasio pentalan kurang penting. Namun, jika Anda menggunakan situs web Anda untuk menghasilkan pendapatan.

Mungkin melalui formulir pertanyaan atau melalui penjualan produk melalui toko online Anda, Anda mungkin ingin halaman layanan dan produk Anda memiliki rasio pentalan yang lebih rendah. Ini akan menunjukkan bahwa pengguna Anda mengklik halaman "Beli sekarang" atau "Daftar di sini".

Cara Melihat Asal Sumber Trafik Blog Anda


Salah satu bagian informasi yang paling berguna untuk dicari tahu adalah dari mana trafik Anda berasal. Ada beberapa cara untuk mengetahui informasi ini. Setiap metode memberikan data yang sedikit berbeda, tetapi metode termudah adalah dengan menggunakan bagian Akuisisi> Sumber / Media .

Menggunakan Sumber / Media, akan dapat mengetahui pengguna mana yang menemukan situs web Anda melalui penelusuran Google, melalui iklan berbayar Anda (jika ada), melalui situs web lain, atau melalui akun Media Sosial tempat Anda memposting.

Baca Juga: Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website

Dengan memanfaatkan kode pelacakan UTM , Anda dapat mempelajari dengan tepat kampanye pemasaran mana yang memberikan ROI terbaik.

Sumber / Media memiliki beberapa aturan umum yang akan disiapkan untuk membedakan statistik rujukan saluran. Setiap saluran yang berbeda memiliki tag yang berbeda untuk membantu Anda menemukan dari mana trafik situs web Anda berasal. Berikut beberapa kode berikut:

"BPK", Kemungkinan ini merupakan sumber berbayar melalui Adwords - yaitu, "Google / BPK"

“Organik” atau “Google Referred”, Kemungkinan besar ini dilakukan melalui hasil penelusuran Google tidak berbayar - yaitu, “Google / Organik”

“Facebook” atau “t.co” yang akan menyertakan rujukan Facebook dan Twitter - yaitu, “facebook.com / Referral” atau “t.co / Referral”

Jika ada alamat situs web di Sumber / Media, itu akan menjadi situs web yang mengarahkan Anda ke trafik - yaitu, "en.wikipedia.org / referral"
Tahukah kamu? Rasio pentalan dan waktu rata-rata di halaman adalah dua metrik yang menurut Google harus dilihat saat memutuskan di mana harus menentukan peringkat situs web Anda dalam pencarian Google.

Kesimpulan


Ini merupakan cara awal Anda belajar bekerja dengan Google Analytics. Mengenali dari mana pengunjung Anda berasal serta apa yang mereka jalani akan menolong Anda membangun website yang sukses.

Halaman bisa sajadi tidak menarik untuk pengunjung dan mempunyai rasio pentalan yang besar, namun Anda tidak akan pernah menyadari tanpa memakai Google Analytics akan seperti apa jadinya.

Nah itulah penjelasan tentang Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics Terbaru dan Saya telah menyebutkan beberapa pendekatan yang dapat membantu, tetapi jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan jangan sungkan, silahkan tanyakan di kolom komentar bawah semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

0 Response to "Cara Melihat dan Melacak Trafik Blog di Google Analytics Terbaru"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel