>

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEOSalah satu faktor yang memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman hebat kepada pengguna adalah kecepatan halaman. Dengan alat gratis dan mudah digunakan seperti Google PageSpeed ​​Insights, Anda dapat mengetahui kecepatan halaman Anda secara instan, plus mendapatkan saran yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kecepatan halaman Google Anda. 

Jika Anda siap untuk mempelajari lebih lanjut, teruslah membaca, karena artikel ini mencakup:

  • Mengapa kecepatan halaman itu penting
  • Cara menggunakan PageSpeed ​​Insights
  • Cara meningkatkan kecepatan halaman Google Anda
  • Dan banyak lagi

Mengapa kecepatan halaman penting?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa kecepatan halaman itu penting, tetapi mengapa itu sangat penting? Ada banyak alasan mengapa kecepatan halaman penting bagi bisnis Anda.

1. Pengguna tidak suka halaman yang dimuat dengan lambat

Dengan pertumbuhan Internet, ada harapan tinggi agar halaman dimuat dengan cepat. Pengguna mengharapkan halaman Anda dimuat dalam satu detik karena mereka menginginkan informasi mereka secepat mungkin.

"Bisnis kehilangan prospek karena pengguna tidak ingin menunggu halaman dimuat."

Ini berarti bahwa bisnis dengan halaman yang memuat lambat kehilangan prospek karena pengguna tidak ingin menunggu halaman tersebut dimuat. Jika situs web Anda tidak dimuat secepat yang lain, prospek Anda akan menemukan situs alternatif dengan halaman yang membutuhkan waktu lebih sedikit untuk muncul di layar mereka.

Kecepatan halaman sangat penting bagi pengunjung seluler Anda. Banyak pengguna melakukan penelusuran seluler karena menginginkan jawaban dengan cepat. Anda perlu memastikan bahwa halaman Anda memuat dengan cepat, sehingga pengguna ini tetap berada di situs Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

2. Pengguna menghabiskan lebih sedikit waktu di halaman Anda jika lambat

Jika halaman Anda tidak dimuat dengan cepat, pengguna akan menghabiskan lebih sedikit waktu di situs Anda. Meskipun mereka menunggu halaman Anda dimuat pada awalnya, mereka tidak akan menunggu halaman tambahan dimuat karena mereka mungkin tidak punya waktu untuk menunggu setiap halaman.

Anda akan kehilangan prospek karena halaman Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk memberikan informasi kepada mereka. Jika banyak prospek meninggalkan halaman Anda karena dimuat terlalu lambat, Anda akan secara signifikan meningkatkan seberapa cepat prospek datang dan pergi, atau dikenal sebagai rasio pentalan.

Ini akan memengaruhi peringkat situs Anda dan mempersulit Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens. Agar prospek tetap terlibat dan tertarik dengan halaman Anda, pastikan halaman dimuat dengan cepat di situs Anda.

3. Ini memengaruhi tingkat konversi Anda

Kecepatan halaman Anda memengaruhi tingkat konversi Anda. Karena tujuan bisnis Anda adalah mendapatkan konversi, Anda tidak akan mendapat untung dari halaman yang lambat dimuat karena prospek tidak akan bertahan untuk dikonversi.

Sebaliknya, halaman yang memuat dengan cepat berdampak besar pada konversi. Pengguna akan mengonversi karena halaman dimuat dengan cepat dan memandu mereka melalui setiap langkah. Mereka tidak perlu menunggu halaman dimuat untuk melakukan pembelian.

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO

Ketika kecepatan halaman Anda mempengaruhi tingkat konversi Anda, itu mempengaruhi keuntungan Anda juga. Anda bisa kehilangan ribuan dolar sehari dari halaman yang memuat dengan lambat.

Rata-rata, meningkatkan kecepatan halaman Anda satu detik meningkatkan rasio konversi Anda sebesar tujuh persen. Jika Anda menghasilkan $100 sehari, Anda kehilangan $2.555 setahun dari halaman Anda menjadi lebih lambat kedua.

Bisnis Anda bisa kehilangan potensi keuntungan hanya dengan memiliki halaman yang memuat beberapa detik lebih lambat dari pesaing. Kecepatan halaman memengaruhi tingkat konversi dan keuntungan bisnis Anda, jadi penting bagi Anda untuk berinvestasi dalam membantu situs Anda berjalan lebih cepat untuk menghindari kehilangan keuntungan.

4. Ini memengaruhi peringkat SEO Anda

Jika Anda menggunakan pengoptimalan mesin telusur (SEO), kecepatan halaman adalah elemen penting. Google menyadari bahwa kecepatan halaman adalah elemen penting bagi pengguna dan telah mulai membuat kecepatan halaman menjadi faktor peringkat teratas bagi pengguna SEO.

Jika situs Anda memuat terlalu lambat, Google tidak akan memberi peringkat halaman Anda lebih tinggi untuk menjangkau lebih banyak prospek. Namun, ketika halaman Anda dimuat dengan cepat, Anda meningkatkan peringkat SEO Anda.

Mempertimbangkan waktu pemuatan halaman situs web Anda akan memengaruhi peringkat mesin pencari dan perolehan prospek secara keseluruhan. Dengan meningkatkan kecepatan halaman, Anda akan mengarahkan lebih banyak prospek yang berharga untuk bisnis Anda.

5. Ini mempengaruhi skor kualitas Anda

Apakah Anda menjalankan kampanye bayar per klik (PPC)? Jika demikian, kecepatan halaman Anda akan mempengaruhi skor kualitas iklan Anda.

Saat Anda membuat kampanye PPC, tawaran maksimum dan skor kualitas menentukan penempatan iklan Anda. Jika skor kualitas Anda menurun, ini akan menurunkan posisi iklan Anda dan berpotensi meningkatkan biaya per klik (BPK) Anda.

"Halaman yang lambat dapat menurunkan skor kualitas iklan, yang dapat menghasilkan biaya per klik yang lebih tinggi dan rasio konversi yang lebih rendah."

Skor kualitas dapat berubah karena sinyal iklan. Misalnya, jika halaman Anda berjalan terlalu lambat dan mengarah meninggalkan iklan Anda untuk yang lain, ini akan mengingatkan Google bahwa iklan Anda bukanlah pilihan terbaik bagi pengguna, memaksanya untuk menurunkan penempatan iklan Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa kecepatan halaman memengaruhi beberapa ekstensi situs web Anda. Fokus untuk menjalankan halaman Anda dengan cepat untuk memastikan bahwa semua kampanye lainnya berjalan dengan lancar.

6. Ini adalah kesan pertama yang didapat pengguna tentang bisnis Anda

Saat pengguna membuka situs Anda untuk pertama kalinya, Anda ingin memberi mereka kesan positif tentang bisnis Anda. Membuat halaman yang dimuat dengan cepat akan membangun kepercayaan dengan audiens Anda dan memastikan mereka bahwa bisnis Anda dapat diandalkan.

Atau, halaman yang memuat dengan lambat dapat memicu perasaan sebaliknya. Prospek akan segera keluar dari halaman Anda untuk menemukan perusahaan yang mempromosikan efisiensi dan profesionalisme.

Jika Anda ingin pengguna melihat bisnis Anda sebagai profesional, Anda perlu memastikan halaman Anda berjalan dengan cepat. Ini akan menciptakan dampak positif pada audiens Anda dan akan membuat mereka kembali ke situs web Anda.

Jadi, setelah Anda tahu mengapa kecepatan halaman sangat penting untuk situs Anda, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memperbaikinya.

Apa itu Google PageSpeed ​​Insights?

Google PageSpeed ​​Insights adalah salah satu alat terbaik untuk membantu memperbaiki kecepatan situs web Anda. Alat ini membantu Anda menentukan masalah yang sebenarnya dengan situs Anda dan memungkinkan Anda membuat perubahan untuk meningkatkan situs Anda. 

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO

Dengan PageSpeed ​​Insights, Anda dapat menguji kecepatan halaman Anda dari perspektif seluler dan desktop. Laporan PageSpeed ​​Insights Anda kemudian akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan halaman Google Anda.

Cara menggunakan Google PageSpeed ​​Insights

Saat pertama kali masuk ke PageSpeed ​​Insights, Anda akan melihat bilah tempat Anda dapat memasukkan URL situs web Anda. Anda ingin mengetikkan URL beranda ke bilah ini dan mengklik "Analisis". Google akan membutuhkan beberapa detik untuk memindai situs Anda.

Setelah halaman berikutnya dimuat, Anda akan melihat hasil dari situs Anda. Anda akan melihat dua tab di layar di mana satu untuk situs seluler Anda dan yang lainnya untuk situs desktop Anda. Dalam setiap tab, Anda akan melihat skor dan rekomendasi Anda.

Di Dalam Kartu Skor Google PageSpeed ​​Insights

Saat Anda masuk ke layar hasil Google PageSpeed ​​Insights, Anda akan melihat dua peringkat. Salah satunya adalah peringkat kecepatan halaman Anda dan yang lainnya adalah peringkat pengoptimalan Anda.

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO

Peringkat Kecepatan Halaman

Kecepatan halaman diindikasikan sebagai cepat, sedang, atau lambat. Pengoptimalan Anda dihitung sebagai rendah, sedang, atau bagus.

Pertama, lihat kecepatan halaman Anda. Seperti yang Anda ketahui, ini adalah bagian penting dari situs web Anda. Jika Anda memiliki peringkat "cepat", situs Anda tidak memerlukan banyak perubahan, jika ada.

Dengan kecepatan halaman Anda, Anda akan melihat dua angka berbeda:

First Contentful Paint (FCP): FCP mengukur waktu yang dibutuhkan pengguna untuk melihat respons visual dari halaman Anda. Dalam contoh foto yang digunakan di atas, pengguna melihat respons konten dalam satu detik.

DOM Content Loaded (DCL): DCL mengukur saat dokumen HTML Anda dimuat. Anda ingin angka ini rendah (seperti 1,2 detik pada contoh foto) karena mengarah ke rasio pentalan yang lebih rendah . Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, rasio pentalan yang lebih rendah adalah tanda mempertahankan prospek Anda dan akan meningkatkan peringkat SEO Anda pada halaman hasil mesin pencari.

Skor Pengoptimalan

Selanjutnya, Anda ingin melihat skor pengoptimalan Anda. Skor ini dinilai dari 100. Skor ini mengikuti seberapa baik Anda menerapkan praktik umum untuk meningkatkan kinerja situs Anda. Kami akan membahas bagaimana Anda dapat menggunakan beberapa praktik umum ini untuk meningkatkan kecepatan situs Anda di bagian selanjutnya.

Skor pengoptimalan Anda terutama berfokus pada dua area yaitu:

  • Waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten di paruh atas.
  • Waktu yang diperlukan untuk memuat halaman sepenuhnya.

Saat Anda menggunakan PageSpeed ​​Insights, Anda akan mendapatkan saran pengoptimalan. Ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan halaman Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi audiens Anda.

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO

Anda akan menerima saran seperti menghindari pengalihan, memanfaatkan cache browser, dan menghilangkan pemblokiran render di paruh atas. Anda dapat memperbaiki masalah ini menggunakan tautan terpisah yang disediakan oleh Google.

Anda juga akan melihat pengoptimalan yang digunakan di situs Anda. Jika Anda telah bekerja untuk meningkatkan kecepatan situs Anda dengan menerapkan praktik terbaik, Anda dapat melihat apakah mereka bekerja.

Saat Anda melihat laporan Anda, Anda juga dapat melihat elemen mana yang telah berhasil Anda gunakan. Ini memberi Anda kepastian bahwa strategi lain yang Anda terapkan ke situs Anda membantu meningkatkan situs Anda.

Saat Anda melihat hasil PageSpeed ​​Insights, perhatikan hasil desktop dan seluler Anda. Halaman-halaman ini diatur secara berbeda, jadi Anda akan melihat skor yang berbeda. Pastikan Anda meningkatkan kedua jenis situs sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dari kampanye Anda.

7 Kiat Untuk Meningkatkan Skor PageSpeed ​​Insights Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui cara mendapatkan skor kecepatan halaman dari PageSpeed ​​Insights, Anda dapat mempelajari cara meningkatkannya. Ada banyak perubahan yang dapat Anda lakukan pada situs Anda untuk membantunya berjalan lebih cepat. Berikut tujuh tip untuk melakukannya.

1. Optimalkan Gambar di Halaman Anda

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan halaman Anda, Anda perlu mengoptimalkan gambar di situs Anda. Meskipun gambar penting untuk pengalaman situs Anda secara keseluruhan, gambar dapat berdampak negatif pada kecepatan situs Anda.

Gambar cenderung berupa file media besar. Saat situs Anda dimuat, dibutuhkan waktu untuk memuatnya, yang memperlambat situs Anda dan menghalangi prospek dari situs Anda.

Ini lebih mempengaruhi situs Anda jika Anda memiliki halaman dengan banyak gambar. Jika Anda memiliki lusinan file gambar besar pada satu halaman, situs Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat.

Untuk mengatasi ini, optimalkan gambar di halaman Anda. Anda dapat mengompres file gambar agar gambar lebih cepat dimuat. Mengoptimalkan gambar Anda dengan mengompresnya akan membantu meningkatkan kecepatan situs Anda.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel saya tentang Cara Optimasi Gambar di Blog

2. Kurangi Jumlah dan Ukuran File Besar

Selain file gambar besar, Anda pasti ingin mengurangi jumlah file besar yang Anda miliki di situs Anda. File besar memperlambat kecepatan situs Anda karena membutuhkan waktu untuk memuat. Semakin besar file yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan halaman Anda dapat dimuat dengan benar.

Anda mungkin memiliki file di situs Anda yang ditujukan untuk audiens Anda. Misalnya, mungkin ada file yang Anda simpan di situs Anda, seperti panduan yang dapat diunduh, eBook, atau media informasi lainnya.

Meskipun media ini bermanfaat bagi pengguna Anda, ini dapat sangat merusak kecepatan halaman Anda. Anda harus mengompres file-file ini dan membatasi jumlahnya untuk menghindari memperlambat kecepatan halaman Anda.

Jika Anda bisa, Anda ingin membatasi jumlah file besar yang Anda miliki di situs Anda. Mungkin ada beberapa file yang perlu Anda simpan di situs Anda, karena mereka berharga bagi audiens Anda. Jika demikian, Anda pasti ingin memastikan Anda mengurangi ukuran file, sehingga Anda dapat meningkatkan kecepatan halaman Anda.

3. Minimalkan CSS, JavaScript, dan HTML

Saat Anda membuat situs, Anda menggunakan kode untuk membuatnya. Kode ini menciptakan struktur situs Anda.

Ada beberapa hal yang dilakukan pembuat kode yang dapat memperlambat halaman Anda. Salah satunya adalah meninggalkan koma, spasi, atau karakter lain dalam kode. Bagian yang tidak perlu dari kode Anda dapat memperlambat waktu buka halaman Anda.

Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO

Halaman Anda juga akan melambat jika ada komentar yang tertinggal pada kode. Jika seorang pengembang lupa untuk menghilangkan komentar ini, itu dapat membuat halaman Anda tertinggal. Ini adalah kasus yang sama dengan kode yang tidak digunakan.

Secara keseluruhan, Anda ingin menyingkirkan elemen dalam kode yang tidak membantu situs Anda berjalan. Untuk meningkatkan kecepatan laman Anda, tinjau kode Anda atau minta pengembang Anda memeriksanya kembali untuk melihat apakah ada yang perlu dihapus.

4. Kurangi Pengalihan

Saat Anda membuat perubahan pada situs Anda, memindahkan dan menghapus halaman akan mengarahkan Anda untuk membuat pengalihan. Melakukan ini akan mempermudah mengarahkan audiens Anda ke halaman yang tepat.

Namun, ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Memiliki terlalu banyak tautan pengalihan, ini dapat memperlambat laman Anda dengan meningkatkan jumlah permintaan HTTP, yang berdampak negatif pada kecepatan Anda.

Ini juga memengaruhi pengguna seluler. Jika Anda memiliki terlalu banyak pengalihan, Anda akan memperlambat situs Anda untuk pengguna seluler dan mencegah mereka tetap berada di halaman Anda.

Anda dapat meningkatkan kecepatan situs Anda dengan mengurangi jumlah pengalihan, tetapi hanya jika diperlukan. Hapus semua pengalihan yang tidak diperlukan untuk membantu mengarahkan audiens ke halaman yang tepat.

5. Gunakan Cache Browser

Saat seseorang memuat halaman, browser harus meluangkan waktu untuk memuat semua yang ada di halaman. Ini termasuk file berpikir seperti gambar dan JavaScript.

Cache browser merupakan bagian penting untuk mengurangi waktu buka halaman Anda. Saat Anda menggunakan cache browser, Anda menyimpan informasi untuk sementara. Dengan cache browser, saat pengguna mengakses halaman Anda lagi, browser tidak harus memuat ulang seluruh halaman.

Ini memungkinkan halaman Anda memuat lebih cepat dan memberikan pengalaman yang lebih cepat untuk audiens Anda. Gunakan cache browser untuk waktu pemuatan halaman yang lebih cepat untuk mempertahankan prospek Anda di situs web Anda.

6. Gunakan Jaringan Distribusi Konten (CDN)

Saat seseorang mengakses situs Anda, server Anda mengirimkan informasi kepada mereka. Jika bisnis Anda berada di Pennsylvania dan seseorang dari California mengakses situs Anda, informasi tersebut harus sampai ke orang tersebut di California. Artinya, perlu waktu untuk memuat halaman Anda, karena informasi perlu menyebar lebih jauh.

Dengan CDN, Anda mencegah hal ini terjadi. Bukannya datang dari server Anda, informasi tersebut berasal dari server terdekat dengan orang yang mengakses informasi tersebut. Ini mengurangi waktu buka dan memungkinkan audiens Anda mengakses informasi lebih cepat.

Jika Anda ingin halaman Anda memuat lebih cepat, pertimbangkan untuk menggunakan jaringan distribusi konten (CDN) untuk membantu audiens Anda mengakses informasi lebih mudah. Ini memastikan bahwa audiens Anda dapat mengakses informasi Anda dengan cepat dan mudah dan akan mengurangi waktu pemuatan situs Anda.

PageSpeed ​​Insights vs Layanan Kecepatan Halaman

PageSpeed ​​Insights adalah alat yang hebat untuk membantu bisnis Anda meningkatkan kecepatan situs Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengidentifikasi masalah dan membuat perubahan.

Ketika datang untuk meningkatkan kecepatan halaman situs Anda, Anda memiliki dua opsi. Anda dapat menggunakan PageSpeed ​​Insights, atau berinvestasi dalam layanan kecepatan halaman .

Lalu apa bedanya?

“PageSpeed ​​Insights mengharuskan Anda melakukan perubahan yang disarankan. Layanan kecepatan halaman membuat perubahan untuk Anda.”

Saat Anda menggunakan PageSpeed ​​Insights, Anda perlu menerapkan perubahannya sendiri. Saran disediakan oleh Google, tetapi Anda harus mengubahnya sendiri.

Jika Anda tidak memiliki tim dalam bisnis Anda yang memiliki pengalaman melakukan ini, Anda perlu meluangkan waktu dan upaya untuk membuat perubahan. Ini bisa jadi sulit, karena Anda perlu fokus untuk mengurus berbagai aspek bisnis Anda. Ini juga dapat menjadi tantangan jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan pengkodean dan mengubah situs Anda.

Jika Anda mempekerjakan seseorang untuk melakukan layanan kecepatan halaman untuk bisnis Anda, itu akan menimbulkan biaya, tetapi Anda akan dapat menghabiskan waktu untuk mengelola bisnis Anda. Perusahaan pemasaran digital akan menganalisis kecepatan halaman Anda dan menerapkan perubahan yang diperlukan untuk memperbaikinya.

Anda perlu memutuskan opsi mana yang lebih baik untuk bisnis Anda. Jika Anda memiliki staf untuk menerapkan perubahan, Anda dapat menggunakan PageSpeed ​​Insights untuk melakukannya. Di sisi lain, jika Anda tidak memiliki pengalaman atau waktu untuk mengubah situs Anda sendiri, Anda dapat mengandalkan perusahaan pemasaran digital untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Seperti itulah penjelasan saya kali ini tentang Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO semoga bisa membantu anda bisa bermanfaat untuk anda dan semoga bisa menambah wawasan anda.

0 Response to "Cara Menggunakan Google PageSpeed ​​Insight untuk Optimasi SEO"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel