>

Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Blogger

Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Blog

Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Blogger, Memasang Google Analytics pada sebuah website atau blog pribadi merupakan sesuatu yang wajib bagi para blogger atau pebisnis gunakan. Google Analytics adalah layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk mengukur kinerja bisnis atau website kalian secara online. Aplikasi atau Situs tersebut memudahkan pebisnis online untuk memantau statistik pengunjung pada website atau toko online yang dimilikinya.

Manfaat Google Analytics Untuk Blog atau Website

Di Google Analytics, terdapat banyak fitur yang bisa kalian manfaatkan untuk mengembangkan web atau bisnis; apalagi jika web atau bisnis yang sedang kalian kembangkan berhubungan dengan mesin pencarian Google. Sesuai dengan fungsinya, beberapa fitur cukup membantu kalian untuk lebih mudah mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan kinerja website. Ada beberapa fitur - fitur Google Analytics yang penting untuk diketahui. Di bawah ini gambaran beberapa fitur yang bisa kalian manfaatkan ketika menggunakan perangkat lunak ini.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Google Analytics Pada Blog atau Web dan Bisnis

Dengan memiliki akses ke Google Analytics, kamu bisa mengetahui beragam informasi pengunjung pada situs web. Mulai dari bagaimana mereka sampai di web kamu, media yang digunakan, halaman situs paling ramai, jumlah pengunjung harian dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin memiliki sebuah akses Google Analytics pada sebuah website atau blog, di sini bakal saya jelaskan langkah mudah untuk mendaftar Google Analytics dan memasang Google Analytics ke dalam website atau blog. Karena menjadi salah satu layanan yang dibuat oleh Google, tentu kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu saat ingin menggunakannya.


Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Blogger


Cara Daftar Google Analytics

1. Langkah pertama kalian kunjungi halaman Google Analytics. Lalu klik tombol Sign In yang terdapat di atas taman, kemudian pilih Google Analytics

2. Kalian bakal ditunjukan ke halaman Login. Masukkan alamat email Google Kalian serta klik tombol Next. Bila Kalian belum mempunyai account Google, buatlah dengan mengklik tombol Create Account.

3. Di halaman selanjutnya, masukkan password Kalian serta klik tombol Sign In.

4. Klik tombol Sign Up untuk memproses.


5. Buat membuat akun baru, Kalian wajib memasukkan data berikut ini:


1. Nama Account (Akun Name)

2. Nama Web (Web Name)

3. URL Web (Web URL)

4. Kategori Industri (Industry Category)

5. Zona Waktu (Reporting Time Zone)

Isilah seluruh rincian yang dibutuhkan serta klik tombol Get Tracking ID (6). Di halaman berikutnya, Kalian bakal diharapkan buat menyetujui syarat layanan (Terms of Service). Klik tombol I Accept. Samapai di situ kalian sudah sukses membuat account Google Analytics. Di taman selanjutnya, kalian bakal melihat tracking code untuk Google Analytics Universal.

JavaScript code ini bisa digunakan untuk seluruh web. Cuma tracking ID (UA- 00000000- 1) yang bersifat unik. Tracking ID dimulai dengan UA, kependekan dari Universal Analytics, kemudian angka awal merepresentasikan nomor Akun (Account), (00000000), setelah itu angka terakhir mewakili Google Analytics property ID (1) dan code tersebut bakal di tempelkan di HTML blog kalian dan berikut Cara Memasang Google Analytics ke Blog.
 

Cara Memasang Google Analytics ke Blog
 

1. Copy Tracking Code Google Analytics tadi.

2. Buka Blogger atau situs kalian, lalu pilih Template > Edit HTML.

3. Paste Tracking Code yang sudah di-copy tadi. Taruh kodenya di dalam tag <head> atau </head>. Jika sudah, Simpan Template atau simpan perubahannya.

4. Secara otomatis Google Analytics sudah bisa digunakan.


Jika kalian menggunakan blogger lebih mudahnya kalian bisa tinggal taruh ID Google Analytics kalian di setinggan dan cara seperti berikut:

1. Masuk ke halaman dasbhoard blogger kalian
2. Setelah itu kalian tab menu setting dan kalian cari ID Properti Google Aanalytics
3. Lalu copy code ID Google Analytics kalian lalu pastekan di kolom yang di sediakan

Nah itulah cara melakukan pendaftaran dan Cara Memasang Google Analytics pada sebuah website atau blog. Jika kalian masih bingung, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar bawah. Selamat mencoba semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalain.

0 Response to "Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Blogger"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel