>

Apa itu Dikital Marketing (Pemasaran Digital)? Ringkasan Visual

Apa itu Dikital Marketing (Pemasaran Digital)? Ringkasan visual

Mendefinisikan Ruang Lingkup Digital Marketing Menggunakan Kerangka Kerja Perencanaan '5Ds of Digital' dan Smart Insights RACE

Posting blog terbaru saya tentang tren pemasaran digital menunjukkan inovasi terbaru, tetapi di sini kita kembali ke dasar untuk menentukan digital marketing atau pemasaran digital. Hal ini penting karena bagi beberapa orang dalam bisnis, terutama pemasar atau pemilik bisnis yang lebih tradisional, 'digital' secara sederhana diartikan sebagai 'situs web kami' atau 'halaman Facebook kami'. Pemikiran ini membatasi ruang lingkup dan peluang dari apa yang dikelola dan itu berarti bahwa kegiatan yang harus dikelola dapat terlewatkan.

Jenis Digital Marketing

Saya lebih suka menggunakan terminologi "saluran digital marketing atau pemasaran digital" daripada "jenis" karena setiap saluran yang dapat digunakan untuk menjangkau calon pelanggan bisa jadi rumit bergantung pada tingkat integrasi dan taktik yang Anda terapkan di seluruh strategi dan kampanye pemasaran digital Anda.

Kerangka kerja perencanaan RACE kami memetakan perjalanan pelanggan online di semua titik kontak potensial, menunjukkan skala dan peluang yang disediakan pemasaran digital - lebih dari sekadar "situs web" atau "halaman Facebook".



Apa itu Dikital Marketing (Pemasaran Digital)? Ringkasan visual

5D Digital Marketing

Untuk memahami pentingnya pemasaran digital untuk masa depan pemasaran dalam bisnis apa pun, ada baiknya untuk memikirkan tentang interaksi audiens apa yang perlu kita pahami dan kelola. Pemasaran digital saat ini adalah tentang lebih banyak jenis interaksi audiens daripada situs web atau email ... Ini melibatkan pengelolaan dan pemanfaatan '5Ds of Digital' yang telah saya definisikan dalam pengantar pembaruan terbaru untuk Pemasaran Digital saya : Strategi, Perencanaan, dan Implementasi buku. 5D menentukan peluang bagi konsumen untuk berinteraksi dengan merek dan bagi bisnis untuk menjangkau dan belajar dari audiens mereka dengan berbagai cara:


1. Perangkat digital - audiens mengalami merek saat mereka berinteraksi dengan situs web bisnis dan aplikasi seluler biasanya melalui kombinasi perangkat yang terhubung termasuk smartphone, tablet, komputer desktop, TV, dan perangkat game.

2. Platform digital - sebagian besar interaksi pada perangkat ini dilakukan melalui browser atau aplikasi dari platform atau layanan utama, yaitu Facebook (dan Instagram), Google (dan YouTube), Twitter, dan LinkedIn.

3. Media digital - berbagai saluran komunikasi berbayar, dimiliki, dan diperoleh untuk menjangkau dan melibatkan audiens termasuk iklan, email dan perpesanan, mesin pencari, dan jejaring sosial.

4. Data digital - wawasan yang dikumpulkan bisnis tentang profil audiens mereka dan interaksi mereka dengan bisnis, yang sekarang perlu dilindungi oleh undang-undang di sebagian besar negara.

5. Teknologi digital - teknologi pemasaran atau  tumpukan martech yang digunakan bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif dari situs web dan aplikasi seluler hingga kios di dalam toko dan kampanye email.

Mendefinisikan Digital Marketing

Penggunaan Internet dan media serta teknologi digital lainnya untuk mendukung 'pemasaran modern' telah memunculkan berbagai label dan jargon yang dibuat oleh akademisi dan profesional. Itu telah disebut pemasaran digital, pemasaran Internet, pemasaran elektronik, dan pemasaran web dan istilah alternatif ini bervariasi dari waktu ke waktu ... seperti yang ditunjukkan plot ini dari 2014 hingga 2020 dari Google Trends.


Apa itu Dikital Marketing (Pemasaran Digital)? Ringkasan visual

Anda dapat melihat bahwa Digital Marketing adalah istilah yang paling sering digunakan saat ini, seperti yang dapat kita lihat dari definisi pemasaran digital tersebut , maka istilah itulah yang menjadi fokus saya. Seperti yang diharapkan, permintaan untuk keterampilan pemasaran digital  juga meningkat seperti yang ditunjukkan oleh data dari laporan tren perekrutan pemasaran Mckinley baru-baru ini .

Karena perdebatan baru-baru ini tentang penggunaan istilah 'pemasaran digital', kami pikir akan berguna untuk mengetahui dengan tepat apa arti digital melalui definisi. Apakah definisi penting? Kami pikir begitu, karena khususnya di dalam organisasi atau antara bisnis dan kliennya, kami membutuhkan kejelasan untuk mendukung tujuan dan aktivitas yang mendukung Transformasi Digital . Seperti yang akan kita lihat, banyak dari definisi lainnya yang menyesatkan.

Diringkas ke bentuknya yang paling sederhana, pemasaran digital didefinisikan dalam buku saya Pemasaran Digital: Strategi, Penerapan, dan Praktik sebagai:

"Mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital."

Saya memperluas definisi pemasaran digital ini untuk menjelaskan bahwa, dalam praktiknya, pemasaran digital mencakup pengelolaan berbagai bentuk kehadiran dan kehadiran perusahaan online seperti situs web perusahaan, aplikasi seluler, dan halaman perusahaan media sosial. Ini terkait dengan teknik komunikasi online termasuk pemasaran mesin pencari, pemasaran media sosial, iklan online, pemasaran email dan pengaturan kemitraan dengan situs web lain.

Teknik-teknik ini digunakan untuk mendukung tujuan memperoleh pelanggan baru dan memberikan layanan kepada pelanggan yang ada yang membantu mengembangkan hubungan pelanggan melalui E-CRM dan otomatisasi pemasaran. Namun, agar pemasaran digital berhasil, masih diperlukan integrasi teknik-teknik ini dengan media tradisional seperti cetak, TV, dan surat langsung sebagai bagian dari komunikasi pemasaran multisaluran.

Jika kita melihat definisi lain tentang pemasaran digital seperti definisi pemasaran digital dari SAS: Apa itu Pemasaran Digital dan Mengapa itu penting ? atau definisi alternatif  pemasaran digital dari Wikipedia ini, kita dapat melihat bahwa seringkali terdapat fokus pada promosi produk dan layanan menggunakan media digital daripada definisi yang lebih holistik yang mencakup pengalaman pelanggan, pengembangan hubungan, dan menekankan pentingnya integrasi multisaluran. Jadi bagi kami, ruang lingkup istilah harus mencakup aktivitas di seluruh siklus hidup pelanggan:

  • Media digital dan saluran komunikasi.
  • Pengalaman digital dan seluler seperti desain web dan aplikasi seluler.
  • Manajemen prospek dan hubungan pelanggan melalui otomasi pemasaran.
  • Strategi digital dan mengintegrasikan komunikasi dan pengalaman multisaluran.
  • Teknologi dan platform digital untuk mengelola semua aktivitas pemasaran digital.

Peran platform digital dalam mendukung pemasaran multichannel terintegrasi merupakan bagian komponen penting dari pemasaran digital, namun seringkali diabaikan. Dalam banyak hal, ini menyoroti betapa pentingnya memecah silo antara departemen pemasaran 'digital' dan 'tradisional'. Saluran online juga dapat dikelola untuk mendukung seluruh proses pembelian dari pra-penjualan hingga penjualan hingga pasca-penjualan dan pengembangan lebih lanjut dari hubungan pelanggan.

Mendefinisikan pemasaran

Penting untuk diingat bahwa hanya karena pemasaran digital menggunakan teknik komunikasi yang berbeda dengan pemasaran tradisional, tujuan akhirnya tidak berbeda dengan tujuan yang selalu dimiliki pemasaran. Mungkin mudah untuk menetapkan tujuan untuk pemasaran digital berdasarkan 'metrik kesombongan' seperti jumlah 'suka' atau pengikut, jadi penting untuk mengingat definisi pemasaran yang dikemukakan oleh Chartered Institute of Marketing:

"Pemasaran adalah proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara menguntungkan".

Definisi ini menekankan fokus pemasaran pada pelanggan sementara pada saat yang sama menyiratkan kebutuhan untuk menghubungkan ke operasi bisnis lain untuk mencapai profitabilitas ini. Namun, ini adalah definisi yang lemah dalam kaitannya dengan pemasaran digital karena tidak menekankan komunikasi yang sangat penting untuk pemasaran digital. Dalam Digital Marketing Excellence  , penulis bersama saya, PR Smith dan saya mencatat bahwa pemasaran digital dapat digunakan untuk mendukung tujuan ini sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi - Internet dapat digunakan untuk riset pemasaran untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan
  • Mengantisipasi - Internet menyediakan saluran tambahan di mana pelanggan dapat mengakses informasi dan melakukan pembelian - mengevaluasi permintaan ini adalah kunci untuk mengatur alokasi sumber daya.
  • Memuaskan - faktor kunci sukses dalam pemasaran digital adalah mencapai kepuasan pelanggan melalui saluran digital, yang menimbulkan masalah seperti: apakah situs tersebut mudah digunakan, apakah kinerjanya memadai, apa standar layanan pelanggan terkait, dan bagaimana produk fisik dikirim ?

Mengoptimalkan pemasaran digital bisa jadi rumit, dan definisi sederhana tidak selalu diterjemahkan menjadi sesuatu yang berguna untuk mencapai tujuan bisnis. Di sinilah kerangka kerja Perencanaan Pemasaran Digital RACE , karena dapat membantu memecah pemasaran digital menjadi lebih mudah untuk mengelola area yang kemudian dapat direncanakan, dikelola, dan dioptimalkan.

Definisi Ringkasan Grafis Saya Tentang Ruang Lingkup Digital Marketing

Untuk menjawab pertanyaan 'Apa itu Digital Marketing atau pemasaran digital?', Saya telah mengumpulkan definisi visual baru ini yang merangkum semua aktivitas yang membentuk pemasaran digital yang perlu dikelola di seluruh kerangka kerja Perencanaan Smart Insights RACE. Ini digunakan dalam buku Pemasaran Digital Dave edisi ke-6 yang baru. Saya menjelaskan praktik terbaik untuk semua ini dalam kursus Digital Marketing Elearning saya . Infografik terbagi dalam kegiatan mengembangkan dan mengelola strategi digital di atas hingga kegiatan pemasaran di bawah.


Apa itu DApa itu Dikital Marketing (Pemasaran Digital)? Ringkasan visualigital Marketing Ringkasan Visual 2-min.png


Kesimpulan

Jadi, pemasaran digital adalah tentang memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Digital marketing tidak perlu selalu terpisah dari departemen pemasaran secara keseluruhan, karena tujuan keduanya sama. Namun, untuk saat ini, istilah tersebut tetap berguna karena pemasaran digital memerlukan keahlian tertentu untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif.


0 Response to "Apa itu Dikital Marketing (Pemasaran Digital)? Ringkasan Visual"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel