>

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul di Blog

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul di Blog

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul di Blog. Bagaimana cara mengatasi iklan adsense yang kadang muncul kadang tidak, mungkin inilah yang ada di pikiran kalian saat ini. Dulu iklan adsense saya tidak ada masalah dan iklan selalu tayang atau muncul. Tapi baru kali ini iklan kadang tidak muncul atau blank putih.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab iklan adsense tidak muncul dan juga beberapa cara untuk mengatasi iklan adsense yang tidak muncul. Saya mengalami hal ini karena selama satu bulan terakhir saya melepas semua kode iklan adsense dari website. Lalu kemudian saya pasang kembali, tapi kok gak langsung muncul ya.

Saya pikir mungkin bot google perlu beberapa jam untuk merayapi kembali situs saya agar iklan muncul kembali. Akhirnya muncul juga iklannya, tapi tidak semua iklan muncul di situs saya. Di beberapa artikel lama, iklan tidak muncul bahkan di artikel baru juga iklan kadang muncul kadang tidak.

Jika kalian mengalami hal yang sama, mungkin artikel ini dapat membantu mengatasi masalah kalian. Silahkan di baca sampai selesai.


Penyebab Iklan AdSense Tidak Muncul

Ada banyak penyebab iklan adsense tidak muncul di website kalian, mungkin salah satu penyebabnya bisa kalian temukan di bawah ini:


1. JavaScript di Browser Tidak Aktif


Mungkin sebahian orang menonaktifkan fungsi javascript pada browser yang digunakannya untuk mempercepat loading ketika mereka sedang browsing di berbagai situs yang ada di internet.

Namun, dengan memblokir javascript pada browser maka sebagian website tidak akan tampil sempurna, pasti akan ada beberapa fungsi dari website tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Salah satunya yaitu iklan adsense tidak akan tampil kalau browser yang digunakan tidak mengaktifkan javascript.


2. Iklan di Blokir Robots.txt


Setiap situs web, baik itu blogspot maupun wordpress pasti memiliki file robots.txt yang berfungsi untuk mengatur robot atau bot pengindeksan sebuah mesin telusur.

Untuk mengetahui file Robot.txt situs kalian caranya cukup mudah, ketik nama situs kalian lalu tambahkan pada akhir URL /robots.txt contohnya seperti di bawah ini:

https://example.com/robots.txt

Kemudian lihat hasilnya, misalnya seperti di bawah ini;

User-agent: Mediapartners-Google 
Disallow: 
User-agent: * 
Disallow: /
search Allow: / 
Sitemap: https://example.com/sitemap.xml

Silahkan kalian hapus kode baris ke-1 dan baris ke-2.

3. Postingan Masih Baru dan Belum Terindeks

Biasanya iklan adsense memang tidak muncul pada artikel atau postingan yang baru kalian publish, jadi jika iklan tidak muncul pada postigan yang baru silahkan tunggu beberapa hari kemudian. kalian juga bisa agar cepat terindex Google, saya sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya, silahkan kalian baca dan praktekan sendiri.


4. Unit Iklan Masih Baru Dibuat


Jika kalian memasang kode iklan di website dengan membuat unit iklan baru maka biasanya perlu beberapa jam agar iklan bisa tayang atau tampil. Waktu paling lama apabila iklan tidak muncul karena unit iklan baru sekitar 1 hari atau 24 jam. Apabila lebih dari 1 hari maka bukan ini peyebab iklan tidak muncul.


5. Akun AdSense Masih Dalam Proses Review


Perlu kalian ingat bawah, pendaftaran AdSense memerlukan 2 tahap untuk di terima sepenuhnya.

1. Tahap pertama, kalian di wajibkan untuk memasang sebuah kode iklan di bagian <head> sampai </head> pada tahap ini iklan memang tidak akan muncul atau kalian hanya akan melihat blank putih saja.

2. Tahap kedua, kalian akan menerima sebuah email bahwa situs kalian sudah di terima sepenuhnya untuk menampilkan iklan di situs kalian.


6. Jenis Akun AdSense Hosted atau Non-hosted


Ada dua jenis akun AdSense saat ini yaitu adsense hosted dan adsense non-hosted.

Perbedaannya yaitu, adsense hosted hanya akan menampilkan iklan pada blog dengan akhiran domain example.blogspot.com. (Hanya untuk blogspot). Sedangkan adsense non-hosted dapat menampilkan iklan disemua jenis situs, mau itu blogspot, youtube, dan jenis-jenis domain lainnya. (Untuk semua website).




7. Belum Memasukan PIN (Verifikasi Alamat)


Jika selama 4 bulan kalian belum memverifikasi akun, maka Google tidak akan menampilkan iklan di situs kalian. Jadi segeralah lakukan verifikasi alamat kalian dengan menggunakan PIN yang dikirim Google ke alamat yang kalian tulis di akun adsense.


8. Website Belum di Izinkan Untuk Menampilkan Iklan


Setiap orang dapat melihat kode iklan adsense yang di pasang pada berbagai situs, sehingga kalian dapat menampilkan iklan adsense orang lain di website kalian. Untuk menghindari hal tersebut, adsense memiliki fitur izin iklan yang mengontrol website mana saja yang dapat menampilkan iklan dari akun adsense kalian. Mungkin ini menjadi salah satu peyebab iklan adsense tidak muncul karena situs kalian belum di izinkan untuk menampilkan iklan, untuk mengatasi ini silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai.


9. Browser yang Anda Pakai Menggunakan AdBlock


Beberapa browser seperti UC BrowserOpera MiniMaxthon dan lainnya telah menggunakan adblock sehingga iklan adsense mungkin tidak akan muncul apabila kalian maupun orang lain menggunakan browser tersebut ketika mengunjungi website kalian. Kalian bisa Mematikan Adblock sementara atau kalian juga bisa memasang kode anti Adblock pada website kalian untuk mengatasi masalah ini.


10. Kosakata Dalam Artikel Kurang Banyak

Kosakata yang kalian tulis tidak tertarget dengan iklan manapun sehingga mempersulit google untuk merekomendasikan iklan pada situs kalian. Oleh karena itu cobalah buat konten atau artikel dengan memiliki banyak kata. Konten yang baik minimal memiliki 300 kata.


11. Mengubah HTTP Menjadi HTTPS


Pada beberapa bulan lalu google telah mengumumkan bahwa situs web yang masih menggunakan HTTP akan di tandai sebagai "not secure" atau tidak aman. Sehingga banyak dari kita yang akhirnya menggunakan HTTPS, tentu dengan mengubah URL dari HTTP menjadi HTTPS akan berpengaruh juga terhadap visitor dan tentunya iklan adsense yang kalian pasang di website kalian juga akan ikut terpengaruh. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai.


12. Belum Memasang Kode Ads.txt

Ads.txt merupakan file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan tepercaya untuk menjual inventaris. Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi di antara pengiklan dan penerbit.


13. Rasio Penayangan Iklan Terlalu Kecil


Mungkin kalian menggunakan rasio penayangan iklan yang terlalu kecil. Ada baiknya apabila rasio iklan Anda ubah ke 100% agar iklan selalu tampil. Jika kalian sedang melakukan eksperimen mengenai saldo iklan atau frekuansi iklan di tampilkan mungkin apabila persentasi yang kalian pilih terlalu kecil iklan juga akan sering tidak tampil. Atau hanya iklan yang menawarkan harga tinggi saja yang akan di tampilkan. Untuk mengatasi ini silahkan baca artikelnya di bawah ini.


Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul

Saya sering mendapat komentar kenapa iklan adsense saya tidak muncul padahal sebelumnya tampil dengan baik. Saya juga mau jawab gimana karena belum ada pengalaman pada masalah ini. Tapi, sekarang saya sudah mengalami hal tersebut. Iklan adsense saya juga kadang muncul kadang tidak, di artikel lama juga tidak muncul.

Oh iya, kalau saya di sebabkan karena selama 1 bulan terakhir saya mencopot iklan adsense karena alasan tertentu. Tapi setelah saya pasang kembali, ternyata iklan tidak langsung muncul perlu beberapa jam yang akhirnya iklan muncul kembali. Jadi mungkin kalian juga mengalami hal yang sama dengan saya. Oleh karena itu silahkan kalian coba beberapa tips untuk mengatasi iklan adsense yang tidak muncul.


1. Cara Mengatasi Iklan Adsense Kadang Muncul Kadang Tidak Setelah Pakai HTTPS

Saat pertama kali saya menggunakan HTTP lalu pindah jadi menggunakan HTTPS iklan adsense tidak muncul kurang lebih 1 hari. Setelah artikel berhasil di indeks google dengan menggunakan URL baru yaitu HTTPS akhirnya iklan bisa muncul lagi. kalian juga bisa mencoba mengatasi iklan adsense yang tidak muncul dengan cara di bawah ini:

1. Hapus semua kode ini, lihat di bagian Template > Edit HTML dan juga di Tata Letak:

<script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>

2. Lalu tambahkan kode dibawah ini di atas kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script type="text/javascript"> //<![CDATA[ (function() { var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true; ga.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sa = document.getElementsByTagName('script')[0]; sa.parentNode.insertBefore(ga, sa); })(); //]]> </script>


2. Cara Memasang Kode Ads.txt di Blogger

Jika iklan tidak tampil di situs kalian pastikan apakah kalian sudah memasang kode ads.txt atau belum. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk memasang kode ads.txt di blogger.

1. Masuk ke dashboard Blogger kalian

2. Lalu masuk ke bagian Setelan Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads.txt kustom > klik edit > Aktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya

3. Lalu masukkan kode di bawah ini:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan:
Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang akun google adsense milik kalian. ID penayang bisa kalian lihat dengan cara membuka akun adsense kalian masuk ke bagian setelan > akun > informasi akun.

4. Lalu klik Simpan perubahan.


3. Mengubah Rasio Penayangan Iklan Menjadi 100%

Mungkin kalian pernah mengubah rasio penayangan iklan kalian di bawah 80%, tentu iklan tidak akan muncul semuanya. Jadi iklan yang memiliki performa baik yang hanya akan tampil dalam arti iklan dengan tawaran paling tinggi yang akan muncul. Semakin kecil rasio penayangan yang kalian pilih semakin besar biaya per kliknya, tapi pada beberapa waktu mungkin iklan tidak akan tampil.

Oleh karena itu apabila kalian agar iklan adsense terus muncul, silahkan unbah rasio penayangan menjadi 100%, caranya silahkan ikuti di bawah ini:

1. Masuk ke akun AdSense kalian.
2. Klik Iklan saya > Content > Saldo iklan.
3. Silahkan ubah Rasio pengisian iklan menjadi 100%.
4. Klik Terapkan.


4. Mengizinkan Website Untuk Menampilkan Iklan AdSense

Seperti yang sudah saya katakan di atas, mungkin penyebab iklan adsense tidak muncul itu karena situs kalian belum di izinkan untuk menampilkan iklan adsense. Oleh karena itu cobalah periksa kembali apakah situs kalian sudah di izinkan atau belum untuk menampilkan iklan adsense. Caranya lihat di bawah ini:

1. Masuk ke akun AdSense kalian.

2. Klik Situs. 

3. Disana akan terlihat daftar situs yang kalian izinkan untuk menampilkan iklan adsense.

4. Apabila situs yang kalian maksud belum ada di daftar tersebut, silahkan tambahkan situs kalian dengan mengklik tombol + (plus).

5. Kemudian tulis URL website kalian >lalu klik Tambahkan situs.

6. Lalu pastikan situs dalam keadaan terverifikasi.


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi iklan adsense yang kadang muncul kadang tidak di blog atau website kalian. Sebenarnya masih ada banyak penyebab iklan adsense tidak muncul, begitu juga berbagai cara yang dapat mengatasi masalah ini.

Namun hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk kali ini, mudah-mudahan kedepannya bisa saya update lagi. Semoga tutorial ini dapat membantu kalian mengatasi masalah iklan adsense yang tidak tampil atau blank putih. Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul di Blog, selamat mencoba. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian juga.


BY: Muntakul
Sumber: mansum.dreamhoster.com

0 Response to "Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul di Blog"

Post a Comment

Diharap Berkomentar Dengan Sopan Jika Tidak Sopan Tidak ada Jawaban yang di Tanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel